ADVERTISEMENT

Virus Corona Picu Kerusakan Otak Pada Bayi

Selasa, 11 April 2023 09:30 WIB

Share
Bayi. (Sumber ilustrasi: Unsplash)
Bayi. (Sumber ilustrasi: Unsplash)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

AS, POSKOTA.CO.ID - Sebuah studi mengungkapkan akibat virus corona pada bayi.

Ini merupakan kasus pertama bayi mengalami kerusakan otak akibat virus corona masuk ke plasenta ibu ketika masa kehamilan.

Kasus tersebut dialami kedua bayi yang lahir dari ibu muda yang dinyatakan positif COVID-19 pada trimester kedua selama puncak varian Delta 2021.

Kedua bayi tersebut mengalami kejang saat baru dilahirkan menurut penelitian Universitas Miami yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics.

Perkembangan mereka terlambat signifikan. Satu anak meninggal pada usia 13 bulan sementara satu yang lain menjalani perawatan rumah sakit.

Merline Benny, ahli neonatologi dan asisten profesor pediatri di universitas tersebut, menyebut bayi-bayi tersebut tidak ditemukan positif COVID-19 akibat terinfeksi virus secara langsung.

Namun mereka memiliki antibodi COVID-19 yang tinggi dalam darahnya. Kemungkinan virus tersebut menular dari ibu ke bayi melalui plasenta.

Dia melaporkan tim peneliti menemukan bukti virus di plasenta kedua ibu. Otopsi lebih lanjut menemukan jejak COVID-19 di otak bayi yang menunjukkan infeksi menyebabkan luka tersebut.

Kedua ibu tersebut juga dinyatakan positif COVID-19. Salah satu di antaranya mengalami gejala ringan dan melahirkan bayi sebulan setelah terpapar.

Sementara satu ibu lainnya mengalami gejala berat hingga dokter harus melahirkan bayinya pada usia kehamilan 32 minggu.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT