ADVERTISEMENT

Kesehatan Lansia Bisa Lebih Baik Berkat Hewan Peliharaan

Minggu, 2 April 2023 08:00 WIB

Share
Hewan peliharaan memberikan manfaat kesehatan bagi lansia.
Hewan peliharaan memberikan manfaat kesehatan bagi lansia.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

AUSTRALIA, POSKOTA.CO.ID - Lansia terpaksa meninggalkan hewan peliharaan mereka.

Ini terjadi saat mereka perlu pindah ke panti wreda atau pusat-pusat perawatan lainnya.

Langkah tersebut keliru karena mengabaikan manfaat yang bisa diberikan hewan itu kepada pemiliknya.

Barrie Britton, 89 tahun, tidak bisa membayangkan hidup tanpa Molly, anjing berusia enam tahun yang selalu setia mendampinginya. Dia dan istrinya datang ke panti wreda Westmead Uniting ditemani anjing mereka dua tahun lalu.

Istri Barrie Britton telah meninggal dan Molly menjadi semakin penting.

"Seekor anjing memberimu cinta sepanjang waktu. Tidak masalah jika anda memarahinya. Dia tetap mencintaimu. Saya tidak ingin berada di sini tanpa Molly atau tanpa pendamping,” jelasnya seperti dikutip dari Associated Press pada Rabu (29/3/2023).

Lebih banyak lansia seperti Barrie Britton akan berada dalam kondisi kesehatan lebih baik jika panti wreda mengizinkan mereka memelihara hewan peliharaan menurut para peneliti di Universitas Australia Selatan.

Himpunan Masyarakat Anti Kekerasan Terhadap Hewan di Australia menyebutkan ada 28 juta hewan peliharaan di Australia dan sekitar 69 persen rumah tangga di negara itu memiliki hewan peliharaan.

Namun hanya 18 persen panti wreda atau panti sejenisnya yang menerima kehadiran hewan peliharaan menurut organisasi Perawatan Kesehatan Ramah Hewan Peliharaan.

Doktor Janette Young, seorang peneliti di Universitas Australia Selatan, mengatakan alasan panti-panti perawatan tidak menerima hewan peliharaan tidak sepenuhnya bisa diterima.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT