ADVERTISEMENT

Orang Ini Nekad Mengakhiri Hidup Gegara Ngobrol Dengan Produk Kecerdasan Buatan

Selasa, 4 April 2023 09:30 WIB

Share
Teknologi kecerdasan buatan (Ilustrasi)
Teknologi kecerdasan buatan (Ilustrasi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BELGIA, POSKOTA.CO.ID - Teknologi kecerdasan buatan (AI) menghasut orang sehingga bunuh diri.

Peristiwa ini dialami seorang pria di Belgia. Awalnya dia membuka percakapan tentang perubahan iklim dengan chatbot AI bernama Eliza.

Namun chatbot itu dituding mendorong pria tersebut mengakhiri hidupnya demi menyelamatkan planet Bumi. Demikian dilansir dari New York Post.

“Jika chatbot Eliza itu tidak ada, dia masih akan ada di sini,” kata sang istri dari pria tersebut dalam wawancara dengan media Belgia La Libre. Nama pria tersebut maupun istri tidak disebutkan namanya.

Pria dengan dua orang anak itu sering berbicara dengan chatbot Eliza yang ada di sebuah aplikasi bernama Chai dalam beberapa pekan sebelum kematiannya,

Chatbot AI itu dikembangkan berdasarkan sistem yang dibuat lembaga riset non profit EleutherAI.

Teknologinya diciptakan pendiri Chai Research yakni William Beauchamp dan Thomas Rianlan. Chai diklaim sudah punya 5 juta pengguna.

“Begitu kami mendengar tentang bunuh diri ini, kami bekerja keras mengimplementasikan fitur pencegah bunuh diri. Sekarang jika ada orang berdiskusi sesuatu yang mungkin tidak aman, kami akan menampilkan teks yang membantu seperti di Twitter dan Instagram,” ucap William Beauchamp.

Pria yang bunuh diri itu berusia 30-an tahun dan bekerja di bidang kesehatan.

Dia menjadi yakin AI yang diajaknya bicara adalah manusia. Di samping itu belakangan ketakutan terhadap dampak perubahan iklim.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT