ADVERTISEMENT

Suasana Pulau Bali Saat Hari Raya Nyepi

Rabu, 22 Maret 2023 10:00 WIB

Share
Tanah Lot Bali (Ilustrasi)
Tanah Lot Bali (Ilustrasi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BALI, POSKOTA.CO.ID - Suasana sepi dan lengang menyelimuti seluruh wilayah di Pulau Bali.

Karena umat Hindu di sana mulai menjalani Catur Brata Penyepian pada Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 mulai Rabu pukul 06.00 WITA.

Tidak ada warga yang bepergian ke luar rumah di wilayah Desa Adat Tuban Kabupaten Badung sejak dimulai pelaksanaan Nyepi. Tidak terlihat kendaraan melintas.

Padahal malam sebelumnya jalanan sekitar Desa Adat Tuban dipadati ribuan warga yang menyaksikan parade Ogoh-Ogoh.

Sejumlah pecalang atau petugas keamanan adat Bali berpatroli dengan berjalan kaki untuk memastikan tidak ada warga maupun wisatawan di luar rumah atau hotel.

Umat Hindu selama Hari Raya Nyepi melaksanakan Catur Brata Penyepian. Yaitu tidak menggunakan api termasuk lampu penerangan (amati geni), tidak bepergian (amati lelungan), tidak menikmati hiburan (amati lelanguan), dan tidak bekerja (amati karya).

Catur Brata Penyepian berlangsung 24 jam sejak Rabu pukul 06.00 WITA hingga Kamis (23/3/2023) pukul 06.00.

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan Jalan Tol Bali Mandara juga menghentikan sementara operasional selama Hari Raya Nyepi.

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali Handy Heryudhitiawan mengatakan pihaknya selaku pengelola Bandara Bali mendukung pelaksanaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 dengan menghentikan sementara operasional perjalanan udara. Khusus penerbangan komersial.

Pihaknya masih menyiagakan petugas guna mengantisipasi apabila ada penerbangan yang bersifat darurat dan evakuasi medis.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT