ADVERTISEMENT

Alkitab Tertua di Dunia Mungkin Bisa Terjual Hingga 50 Juta Dolar

Kamis, 9 Maret 2023 19:00 WIB

Share
Codex Sassoon
Codex Sassoon

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

INGGRIS, POSKOTA.CO.ID - Alkitab Ibrani berusia 1.000 tahun dipajang di London Inggris pada bulan Maret.

“Codex Sassoon” merupakan Alkitab tertua dan terlengkap. Kemungkinan kitab suci tersebut dapat terjual hingga 50 juta dolar menurut rumah lelang Sotheby.

Kumpulan teks kuno tersebut disebut "Codex Sassoon" sesuai dengan nama pemilik sebelumnya David Solomon Sassoon. Dia membeli Alkitab tertua itu pada 1929 dan membuat salah satu koleksi pribadi paling signifikan abad ke-20 yang terdiri dari naskah kuno Yahudi.

Seandainya terjual mendekati 50 juta dolar maka "Codex Sassoon" akan menjadi dokumen sejarah termahal yang pernah terjual di pelelangan menurut rumah lelang Sotheby.

Investor miliarder Kenneth Griffin mencetak rekor pada tahun 2021 ketika ia membeli salinan edisi pertama dokumen Konstitusi Amerika seharga 43,2 juta dollar.

Konsultan Senior Naskah Kuno Yahudi dan Ibrani Sharon Liberman Mintz di rumah lelang Sotheby memperlihatkan halaman Alkitab tertua itu.

"Dalam halaman ini tertera teks Sepuluh Perintah Allah. Bagian itu dimulai dari kolom ini yang berbunyi, Akulah Tuhan Allahmu. Teks itu dilanjutkan dengan ingat dan kuduskan hari Sabat. Terus ke kolom berikut, hormatilah ibu bapamu dan seterusnya," jelasnya.

Dokumen tersebut memberikan tautan penting yang menghubungkan tradisi lisan Yahudi dengan Alkitab Ibrani modern.

"Dapat membuka kitab dan membaca teks Sabda Tuhan ribuan tahun setelah kitab ditulis adalah sangat menakjubkan. Menyadari bahwa kitab ini sudah diturunkan dari generasi ke generasi berikutnya dan dikoleksi oleh dua orang kolektor hebat pada abad 20 adalah hal yang sangat mengetarkan,” ungkap Sharon Liberman Mintz.

Dia melanjutkan,”Alkitab ini dibeli dan muncul kembali pada abad ke-20 ketika David Solomon Sassoon membelinya pada tahun 1929 dan kini dimiliki oleh Jacqui Safra yang membelinya pada tahun 1989 lewat rumah lelang Sotheby."

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT