ADVERTISEMENT

Resesi Global vs Potensi Lokal

Senin, 31 Oktober 2022 06:00 WIB

Share

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Mitigasi resesi bermaksud mengurangi, menurunkan risiko akibat krisis berikut dampak yang menyertainya, seperti meningkatnya angka kemiskinan, penduduk rentan miskin, angka pengangguran menyusul PHK sektor manufaktur terkait ekspor impor bahkan meningkatnya angka kriminalitas yang berdampak pada stabilitas keamanan.

Peta kerawanan akibat krisis inilah yang kemudian diantisipasi dalam perencanaan, guna mengambil tindakan, mulai pelaksanaan hingga upaya pemulihan, untuk mengurangi risiko sekecil mungkin.

Sejarah telah membuktikan produk lokal yang ditopang oleh UMKM sebagai potensi menghadang krisis global. Potensi lokal inilah yang perlu dikuatkan, didayagunakan dan dikembangkan sebagai tameng resesi global.

Kita memiliki kekayaan sumber daya alam, industri besar hingga kecil dan menengah yang lebih digeser untuk pasar dalam negeri, mengingat ekspor tentu akan berkurang.

Ini menuntut peran pemerintah pusat hingga seluruh daerah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) guna menguatkan potensi lokal dengan pasar lokal dengan tetap mempertahankan kualitas, kualitas dan kontinuitas. 

Ekonomi kreatif lebih berperan bagaimana menggali sumber daya alam lokal menjadi produk bernilai ekonomi tinggi yang diminati. Melalui penguatan potensi lokal selain sebagai tameng resesi global, juga dapat membangun kemandirian. Ini perlu gerakan edukasi bangga buatan dalam negeri seperti dikatakan Pak Harmoko dalam kolom “Kopi Pagi” di media ini.

Bukan sebatas slogan dan retorika melalui upacara atau seremonial belaka, tetapi aksi nyata dengan membeli, memakai dan menggunakan produk sendiri dalam negeri. Mulai dari bumbu dapur hingga tempat tidur. Bukan produk impor hanya karena ingin kesohor, tetapi negeri kita tekor.

Mari kita hidup lebih bermanfaat, mampu memberikan nilai tambah bagi alam sekitar bagaikan filosofi kehidupan ”Urip iku urup” – hidup itu harus memberi manfaat bagi sekitarnya, sekecil apapun manfaat yang diberikan. Setitik api akan menerangi kegelapan alam sekitarnya, ketimbang menyalakan banyak lampu di siang hari. Mari kuatkan potensi lokal guna menghalau resesi global. (Azisoko)

Halaman

ADVERTISEMENT

Berita Terkait
1 tahun yang lalu
1 tahun yang lalu

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT