ADVERTISEMENT

Kabinet Arab Saudi Dirombak, Putra Mahkota Jadi Perdana Menteri Baru

Sabtu, 1 Oktober 2022 16:00 WIB

Share
Mohammed Bin Salman
Mohammed Bin Salman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ARAB SAUDI, POSKOTA.CO.ID - Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman diangkat sebagai Perdana Menteri Arab Saudi yang baru.

Di samping itu Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz menjadikananaknya yang lain, Pangeran Khalid sebagai Menteri Pertahanan dan Pangeran Abdulaziz bin Salman sebagai Menteri Energi.

Hal ini disahkan melalui dekrit kerajaan yang dikeluarkan pada Selasa (27/9/2022).

Mohammed Bin Salman menjabat Wakil Perdana Menteri dalam kabinet sebelumnya.

Walau perombakan besar terjadi, namun Menteri Luar Negeri Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud, Menteri Keuangan Muhammad al-Jadaan, dan Menteri Investasi Khalid al-Falih tetap berada pada jabatannya.

Tugas Mohammed Bin Salman sebelumnya sudah layaknya Perdana Menteri. Dia mewakili kerajaan atas kunjungan asing hingga memimpin pertemuan yang diselenggarakan kerajaan.

Namun Raja Salman akan tetap menjadi kepala negara Arab Saudi dan tetap memimpin jalannya rapat kabinet pemerintahan.

Pemberian jabatan Perdana Menteri kepada Mohammed Bin Salman disinyalir karena kondisi Raja Salman. Raja berumur 86 tahun yang naik takhta pada 2015 lalu telah dirawat beberapa kali selama dua tahun terakhir. 

Mohammed Bin Salman kini harus menjalankan tugasnya sebagai Perdana Menteri Arab Saudi.

"Yang mulia putra mahkota, berdasarkan perintah raja, sudah mengawasi badan eksekutif utama negara setiap hari, dan peran barunya sebagai perdana menteri berada dalam konteks itu," jelas pejabat Arab Saudi yang tidak menyebut nama.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT