ADVERTISEMENT

Nasib Berandalan Ini Berubah Karena Secuil Kebaikan

Selasa, 2 Agustus 2022 16:00 WIB

Share
Lukisan zaman dinasti Ming.
Lukisan zaman dinasti Ming.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Raja itu berkata lagi kepada Zhang Shen,“Pulanglah, mulai saat ini bertobatlah. Selalu berbuatlah baik maka masa depanmu akan sangat cerah!”

Zhang Shen terbangun. Dia menyadari perbuatannya tersebut adalah menemukan kantong dan mengembalikan kepada pemiliknya. Usai fajar dia berlutut di hadapan Budha dan bersumpah akan bertobat dan berbuat baik untuk menebus kejahatan yang dahulu dilakukannya.

Pada musim gugur, semua pelajar akan ke ibu kota mengikuti ujian negara. Hanya Zhang Shen yang tidak mempunyai uang. Setiap hari uang untuk makan saja susah. Bagaimana bisa pergi mengikuti ujian. Tiba-tiba di pasar dia bertemu kembali dengan pria tua dari toko sutera itu. Dia bertanya kepada Zhang Shen, “Tuan kenapa tuan tidak pergi mengikuti ujian?”

Zhang Shen lalu bercerita bahwa dia tidak mempunyai uang.

“Tuan adalah seorang yang baik. Harus pergi mengikuti ujian! Tuan pulanglah ke rumah menunggu saya,” ucap pria tua itu.

Zhang Shen pun kembali ke rumahnya.

Pria tua itu membawa seorang pria berkunjung ke rumahnya. Pria tua itu di perkenalkan kepada Zhang Shen. “Dia adalah majikan saya. Karena tuan adalah seorang yang baik, majikan saya sangat terharu. Sejak lama sudah ingin membalas budi tuan!

“Mendengar tuan tidak mempunyai uang untuk pergi mengikuti ujian, majikan saya menyerahkan dua keping uang emas untuk ongkos dalam perjalanan!”

Zhang Shen tidak bisa menolak kebaikan mereka. Akhirnya menerima.

Keesokan harinya dia berangkat mengikuti ujian. Akhirnya dia lulus ujian. Lalu dia mengembalikan uang pemberian pria tua itu serta majikannya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT