Ternyata di Israel Ada Menteri yang Beragama Islam dan Perjalanan Politiknya Panjang

Selasa, 26 Juli 2022 17:46 WIB

Share
Esawi Frej (tengah), Israel’s regional cooperation minister, Menteri Kerja Sama Regional Israel. (foto: Instagram Esawi Frej)
Esawi Frej (tengah), Israel’s regional cooperation minister, Menteri Kerja Sama Regional Israel. (foto: Instagram Esawi Frej)

ISRAEL – Ada penggalan berita yang cukup membuat terkesiap, ternyata di Israel ada menteri yang beragama Islam dan dia asli berasal dari keluarga muslim pula.

Informasi ini didapat saat secara tak sengaja terbaca dalam berita di Aljazeera, berjudul Israeli journalist sneaks into Mecca triggering online backlash, (Wartawan Israel menyelinap ke Mekah memicu reaksi online), tanggal 20 Juli 2022.

Di berita itu disebutkan nama Menteri Kerja Sama Regional Esawi Freij. Israel’s regional cooperation minister Esawi Freij, who is Muslim, denounced Tamary’s report as “stupid and harmful” to Israel-Gulf ties.

(Menteri kerjasama regional Israel Esawi Freij, yang beragama Islam, mengecam laporan Tamary sebagai “bodoh dan berbahaya” bagi hubungan Israel-Negara-negera Teluk.)

Dalam hal ini Menteri Israel, Esawi Freij, itu mengecam tindakan jurnalis Israel Gil Tamary yang menyelinap masuk ke Kota Suci Makkah saat musim haji lalu. Sebabaturan di Arab Saudi, masuk ke kawasan Tempat Suci, orang non muslim dilarang.

Beralih ke masalah di Israel termyata ada menterii yang beragama Islam, Esawi Freij ternyata memang politisi di negeri Yahudi itu. Negeri itu sepanjang sejarah selalu dengan negara-negara Islam, terutama karena menindas Palestina.

Nama dirinya ditulis dengan ejaan agak berbeda-beda. Di media tersebut ditulis Esawi Freij. Di akun Instagram dan Facebook miliknya dituis Esawi Frej. Sedangkan di Wikipedia ditulis Issawi Frej

Issawi Frej ‎lahir 4 Desember 1963, adalah seorang politikus Arab-Israel yang saat ini menjabat sebagai Menteri Kerja Sama Kawasan di pemerintahan ke-36 Israel.

Sebelumnya, ia menjadi anggota Knesset (Parlemen Israel) dari partai Meretz.
Frej lahir di Kafr Qasim dari keluarga Muslim-Arab. Kakeknya adalah korban pembantaian Kafr Qasim.

Frej adalah anak sulung dari dua belas bersaudara. Pada tahun 1982, ia mulai belajar akuntansi dan ekonomi di Universitas Ibrani Yerusalem, dan kemudian bekerja sebagai akuntan.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar