ADVERTISEMENT

Eks Presiden AS Donald Trump: 6 Januari Gerakan Terbesar dalam Sejarah Negara Kita

Senin, 13 Juni 2022 10:00 WIB

Share
Massa menyerbu Gedung Kongres AS.
Massa menyerbu Gedung Kongres AS.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

AS, POSKOTA.CO.ID - Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa protes 6 Januari 2021 mewakili gerakan terbesar dalam sejarah negara tersebut.

Dia membela rapat umum "Selamatkan Amerika" pada 6 Januari 2021 yang menewaskan lima orang.

"6 Januari bukan sekadar protes, itu mewakili gerakan terbesar dalam sejarah negara kita untuk membuat lagi Amerika hebat," kata Donald Trump di platform Truth Social miliknya.

"Ini tentang pemilihan umum yang dicurangi dan dicuri dan negara yang akan menuju neraka," tambahnya.

Donald Trump menyatakan bahwa dia memenangkan Pemilihan Presiden 2020 dan bahwa ada penipuan pemilih besar-besaran.

Mantan Presiden ini menyatakan bahwa dia memerintahkan 10 ribu pasukan Garda Nasional untuk melindungi Gedung Kongres Amerika atau Capitol Hill. Dia meningkatkan jumlahnya menjadi 20 ribu dalam pernyataannya.

Pendukung Donald Trump menduduki Gedung Kongres Amerika atau Capitol Hill pada 6 Januari 2021. Sementara anggota parlemen sedang dalam proses meninjau sertifikasi pemilih negara bagian yang mengindikasikan kemenangan Biden.

Beberapa pendukung Donald Trump berharap bahwa proses ini dapat mengakibatkan beberapa pemilih didiskualifikasi sehingga membatalkan hasil Pemilihan Presiden.

Beberapa pihak menyatakan para demonstran disusupi dan dihasut provokator dari badan intelijen AS yang mengatur operasi bendera palsu untuk menyingkirkan Donald Trump.

Beberapa di antara kerumunan bentrok dengan polisi dan beberapa membuat ancaman untuk memukuli sejumlah anggota parlemen Demokrat. Beberapa juga menimbulkan kerusakan pada bagian Gedung Kongres Amerika.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT