ADVERTISEMENT

Jenderal AS: Tiongkok Adalah Tantangan, Rusia Itu Ancaman

Minggu, 8 Mei 2022 15:00 WIB

Share
Lloyd Austin dan Mark Milley
Lloyd Austin dan Mark Milley

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

AS, POSKOTA.CO.ID - Perang Rusia dengan Ukraina dibahas Kepala Staf Gabungan Militer AS Jenderal Mark Milley dan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin selama sidang Senat.

"Perbedaan antara Tiongkok dan Rusia adalah bahwa yang pertama adalah tantangan dan yang terakhir merupakan ancaman nyata," kata Lloyd Austin dalam sidang Senat pekan ini.

Jenderal Mark Milley dalam pidatonya di depan Senat menggambarkan Tiongkok dan Rusia sebagai negara dengan kemampuan militer yang signifikan yang berusaha untuk secara mendasar mengubah tatanan di bawah hukum saat ini.

"Invasi Rusia ke Ukraina mengancam dan melemahkan bukan hanya perdamaian dan stabilitas Eropa tetapi juga perdamaian dan stabilitas dunia yang telah diperjuangkan dengan keras oleh orang tua dan generasi Amerika," kata Jenderal Milley.

“Washington akan memperluas dan meningkatkan kemampuan militernya sejalan dengan kemampuan militer Rusia dan Tiongkok,” imbuhnya.

Amerika Serikat menggambarkan citra Rusia sebagai ancaman dalam kampanye Washington melawan Moskow. Terutama sejak mulainya perang Ukraina.

Washington juga menekankan keseriusan ancaman militer Tiongkok di tengah kemampuan militer negara itu yang berkembang dan klaim bahwa Beijing atas Taiwan.

Amerika Serikat berusaha membangun aliansi di kawasan Indo Pasifik untuk menghadapi ancaman tersebut.

Namun Amerika Serikat fokus menghadapi Rusia saat ini. Invasi Rusia ke Ukraina telah menyatukan blok Barat melawan Rusia dan meluncurkan kampanye internasional melawan Moskow.

Tujuan pemerintahan Joe Biden adalah untuk melemahkan Rusia sebanyak mungkin dengan memberlakukan semua kemungkinan sanksi di semua bidang. Sementara pada saat yang sama memperkuat Ukraina semaksimal mungkin dengan tujuan mengalahkan operasi militer Rusia di negara itu.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT