Catat! Begini Pengalihan Arus Lalu Lintas di Sekitar Istana Merdeka dan Gedung DPR/MPR Saat Aksi Demonstrasi Hari Ini

Kamis, 21 April 2022 07:14 WIB

Share
Rekayasa arus lalu lintas sekitar istana saat demo hari ini.(Ist)
Rekayasa arus lalu lintas sekitar istana saat demo hari ini.(Ist)

 

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -  Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya, bakal melakukan rekayasa lalu lintas dan penutupan sejumlah ruas jalan di Jakarta dalam hal pengamanan aksi demonstrasi mahasiswa esok hari.

Berdasarkan unggahan di akun media sosial Instagram resmi @tmcpoldametro, terdapat sejumlah ruas jalan yang dilakukan rekayasa atau pengalihan arus lalu lintas guna mengantisipasi terjadinya kemacetan pada gelaran demonstrasi itu.

Adapun pengalihan arus lalu lintas tersebut, disajikan Poskota.co.id seperti di bawah ini:

Pengalihan Arus Lalu Lintas di Sekitaran Istana Negara

1. Arus lalu lintas yang akan menuju Jalan Veteran III diluruskan Traffic Light (TL) Harmoni.

2. Arus lalu lintas yang dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Utara/Istana Negara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.

3. Arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

4. Arus lalu lintas dari Jalan MH. Thamrin yang akan menuju bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri kea rah Jalan Kebon Sirih.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok ke kiri ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin yang akan belok kanan ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jalan Museum ke arah kiri maupun kanan. Arus lalu lintas dari Jalan Majapahit yang akan berbelok ke kiri ke arah Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis, dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit.

7. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda dan arus lalu lintas dari Jalan Suryo Pranoto yang akan menuju Jalan Ir. H. Juanda dibelokkan ke kiri ke Jalan Gajah Mada.

8. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan menuju Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jalan Tanah Abang II.

9. Arus lalu lintas dari Jalan Katedral yang akan menuju Jalan Veteran dibelokkan ke kanan ke Jalan Pasar Baru.

10. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jalan Veteran I diluruskan ke arah TL Harmoni.

11. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jalan Veteran II diluruskan ke arah TL Harmoni.

Pengalihan Arus Lalu Lintas di sekitar Gedung DPR/MPR RI.

1. Arus lalu lintas dari arah Jalan Gatot Subroto yang akan menuju Gedung DPR/MPR di belok ke kiri ke arah Jalan Gerbang Pemuda.

2. Arus lalu lintas yang dari Jalan Gerbang Pemuda yang akan belok kiri ke Jalan Gatot Subroto arah barat, putar balik di kolong layang Ladogi.

3. Arus lalu lintas yang dari Tol Dalam Kota yang akan keluar di offramp pulo dua diluruskan kea rah Tol Tomang.

4. Pojokan Manggala Wanabakti yang dari timur ke barat mengarah ke TL Slipi dan yang mengarah ke Stasiun Palmerah ditutup.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Palmerah Timur menuju Jalan Gelora diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Asia Afrika menuju Jalan Gelora dibelok ke kanan arah Jalan Gerbang Pemuda.

7. Arus lalu lintas yang dari Jalan Gerbang Pemuda menuju Jalan Gelora dibelok ke kiri ke arah Jalan Asia Afrika.

Untuk diketahui sebelumnya, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah skema rekayasa lalu lintas untuk mengamankan arus lalu lintas saat digelarnya aksi demonstrasi esok hari.

Diketahui, rekayasa arus tersebut akan mulai diberlakukan mulai Kamis (21/4/2022) pukul 09.00 WIB pagi hari.

"Kemungkinan dari pagi kami lakukan rekayasa lalu lintas itu karena akan dipasang water barrier dan security barrier, jadi memang harus dibentang dan harus ditutup," kata Sambodo kepada wartawan, Rabu (20/4/2022).

Sambodo menuturkan, aksi demonstrasi esok hari itu direncanakan digelar di tiga titik vital di Jakarta, yakni di sekitaran Patung Kuda, depan Gedung DPR/MPR, dan di kawasan Harmoni.

"Untuk supaya mencegah tindakan anarkistis seperti kemarin, maka dari pagi, jalur di depan DPR/MPR RI akan kami tutup, kemudian kami sisakan hanya satu lajur yang melalui jalur busway," ucap dia.

"Kemudian kawasan Patung Kuda - Istana Negara bakal ditutup. Rekayasa lalu lintas juga dilakukan di seputaran Harmoni atau Gambir yang menuju ke Istana atau Jalan Veteran," sambung dia.

Dengan adanya rekayasa dan penutupan sejumlah ruas jalan itu, dia mengimbau, agar masyarakat menghindari atau mencari alternatif lain yang tidak melewati kawasan tersebut.

"Namun demikian, kami juga berharap agar peserta aksi demonstrasi tidak menutup persimpangan jalan, terutama di persimpangan Harmoni," papar Sambodo.

"Tapi yang jelas kalau di Sapta Pesona ditutup, Harmoni juga harus ditutup, itu akan dilakukan secara bersamaan," tutur dia.

Lebih lanjut, Sambodo memaparkan, apabila nanti persimpangan Harmoni terpaksa ditutup, maka dari Jalan Surya Pranoto akan dibelokkan ke kiri ke arah Glodok.

"Kemudian yang dari arah Glodok semuanya kami belokan ke kiri ke arah jalan Veteran. Sedangkan yang dari Veteran, para pengendara akan diarahkan ke arah Tomang," paparnya.

"Intinya adalah silakan masyarakat mengatur perjalanan sehingga besok pagi dapat menghindari ke tiga kawasan tersebut dan mencari jalur alternatif lain," pungkas Perwira menengah Polri itu. (Adam).

 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar