ADVERTISEMENT

Sering Ketiduran? Catat, Inilah Tips Bangun Sahur Selama Bulan Ramadhan

Jumat, 1 April 2022 15:04 WIB

Share
Illustrasi santapan sahur saat bulan Ramadhan (Foto: Freepik)
Illustrasi santapan sahur saat bulan Ramadhan (Foto: Freepik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sahur adalah pengganti sarapan di awal saat bulan Ramadhan. Hal ini adalah momen untuk memberi energi pada diri sendiri sebelum memulai hari puasa.

Ketiduran kadang membuat kita melewatkan sahur, padahal hal itu penting dilakukan. Namun, pada artikel ini ada tips bangun sahur selama bulan Ramadhan nanti.

Beberapa dari kita mungkin melewatkan sahur karena mengharuskan bangun pagi-pagi sekali sebelum matahari terbit dan makan.

Beberapa orang mungkin tidak lapar atau tidak merasa makan pada jam yang sangat dini dan mereka kemudian hanya bangun untuk sholat subuh dan kemudian kembali tidur.

 

Dilansir dari FEMYSO (Forum Of European Muslim Youth and Student Organisations), ada beberapa tips yang akan membantu Anda bangun untuk sahur.

Berikut ini tips bangun sahur selama bulan Ramadhan dan mencegah ketiduran:                                                                                                                  

  1. Tidurlah sedini mungkin, setelah selesai sholat dan membaca Al-Qur'an dianjurkan untuk segera tidur dan tidak menunda-nunda jam tidur dengan memandangi gadget.
  2. Atur alarm Anda, jika Anda khawatir Anda tidak akan mendengarnya, mintalah seseorang dari keluarga atau teman Anda untuk menelepon Anda dan membangunkan Anda. Hal ini dapat menjadi alternatif yang cukup efektif untuk membangunkan sahur.
  3. Siapkan makanan Anda sebelum tidur, mengetahui bahwa makanan Anda sudah siap akan memotivasi Anda untuk bangun dari tempat tidur dan itu akan lebih mudah bagi Anda. Karena Anda tidak perlu khawatir tentang apa yang harus disiapkan ketika Anda masih setengah tidur
  4. Sebelum tidur, dianjurkan untuk berdoa dengan memohon kepada Allah agar diberikan energi dan kekuatan untuk bangun sahur. Jangan lupa untuk melafalkan niat dengan benar.
  5. Jika Anda tidak merasa lapar, cukup minum air putih dan makan kurma atau buah-buahan. Sangat penting untuk mengikuti sunnah ini karena memiliki berkah.

 

Meskipun boleh untuk tidak dilakukan, sejatinya sahur penting karena mengganti sarapan pagi Anda.

Tips bangun sahur selama bulan Ramadhan dan sekaligus mencegah ketiduran tadi bisa Anda praktekan di rumah. Jangan sampai ketiduran dan tidak sahur menganggu ibadah dan aktivitas Anda. (Jihan Hanifah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT