ADVERTISEMENT

Simak, Tips Berpuasa Bagi Lansia, Agar Semakin Khusyu Jalani Puasa di Bulan Suci Ramadan

Selasa, 29 Maret 2022 12:58 WIB

Share
Ilustrasi lansia. (Foto/Unsplash/ravipatel)
Ilustrasi lansia. (Foto/Unsplash/ravipatel)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Berpuasa di bulan Ramadan merupakan kewajiban seluruh umat Islam di seluruh dunia. Begitu juga bagi orang tua yang lanjut usia (lansia) yang mampu.

Hal tersebut telah disepakati oleh para ulama, bahwa orang tua yang tak mampu berpuasa, tidak diwajibkan berpuasa dan tidak wajib juga melakukan qada.

Adapun bagi para orang tua yang telah lanjut usia dan tidak berpuasa cukup membayar fidyah sesuai dengan jumlah puasa yang ditinggalkannya.

Dikutip Poskota.co.id dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan para orang tua lansia untuk membantu menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan.

Tips Berpuasa Bagi Lansia

  1. Saat sahur usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi. Pasalnya, dua asupan tersebut membuat metabolisme berjalan cepat. Sehingga cepat mendatangkan rasa haus meskipun tak terdehidrasi.
  2. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi. Contohnya gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah.
  3. Saat berbuka puasa dianjurkan untuk mengonsumsi kurma karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Dengan kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan dipenuhi.
  4. Mengonsumsi pisang saat berbuka sangat baik bagi tubuh Anda, sebab pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat.
  5. Batasi makanan yang digoreng saat berbuka, karena dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Hal ini karena seorang yang sudah di usia lanjut cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan lemak, seperti penyakit jantung, cc koroner dan hipertensi.
  6. Batasi makanan yang lebih cepat dicerna, seperti gula. Hal ini bisa cepat mendatangkan rasa haus ditengah Anda menjalani puasa nantinya.
  7. Konsumsi air atau jus buah antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh untuk Anda lancar beraktivitas esok harinya.
  8. Hindari terlalu banyak makanan es, karena memudahkan Anda kenyang. Dimana asupan makanan gizi yang lengkap akan menurun karena tak bisa masuk dalam tubuh.

 

Getek yang Terbuat dari Pohon Pisang Terbalik, Seorang Pria Tewas Tenggelam Saat Sedang Memancing

Itulah tips yang dapat dilakukan oleh para orang tua lansia yang ingin dan sanggup menjalani ibadah puasa. Secara umum tips tersebut untuk yang berusia lanjut dan juga untuk semua kalangan.

Poskota.co.id  mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa dan ibadah lainnya di bulan Ramadan. Semoga diberi kelancaran, kesehatan dan khusyu serta ikhlas menjalaninya. (Ibriza)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT