ADVERTISEMENT

Ini Tips Mengatasi Rasa Lapar dan Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Berpuasa

Selasa, 29 Maret 2022 15:05 WIB

Share
cara mencegah rasa lapar dan menjaga imun tubuh saat berpuasa agar tidak menurun (unsplash).
cara mencegah rasa lapar dan menjaga imun tubuh saat berpuasa agar tidak menurun (unsplash).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID- Ditahun ini kita harus dihadapkan untuk menjalankan ibadah puasa ditengah pandemik covid-19.

Jadi, kita harus bersiap-siap dengan adanya kemungkinan penurunan daya tahan tubuh yang mungkin terjadi karena perubahan pola dan waktu makan yang harus diproses oleh tubuh kita.

Untuk itu, tidak hanya urusan menahan rasa lapar dan haus juga yang harus dipikirkan selama menjalankan ibadah puasa tahun ini, tapi bagaimana caranya untuk tetap menjaga tubuh tetap fit dan sehat ketika harus berpuasa di tengah musim penyakit saat ini terutama untuk Anda yang harus tetap bekerja keluar rumah.

Nah, untuk mengatasi rasa lapar dan daya tahan tubuh ketika puasa, mari simak beberapa trik lawan rasa lapar saat puasa ditengah musim pandemi covid-19 berikut ini :

1. Mempersiapkan Diri dengan Baik
Seperti kita ketahui bulan puasa sebentar lagi akan tiba, cobalah untuk mempersiapkan strategi jauh-jauh hari sebelumnya agar tubuh tidak kaget ketika berpuasa. Anda bisa mencoba mengurangi frekuensi makan yang tadinya lebih sering jadi berkurang. Selain itu, porsi makan yang tadinya kecil, jadikanlah porsi menjadi lebih banyak.

2. Manfaatkan Waktu Istirahat Makan Siang selama Bulan Puasa untuk Jadi Lebih Produktif
Nah, ketika menjalankan ibadah puasa tentu Anda tidak akan memiliki waktu untuk makan siang di waktu istirahat, usahakan jangan terlalu banyak melakukan aktivitas fisik dan keluar ruangan atau rumah. Dengan begini, gunakanlah waktu tersebut untuk mengerjakan pekerjaan yang belum sempat diselesaikan di hari sebelumnya. Toh, dengan melakukan sebuah pekerjaan akan membuat Anda lupa kalau perut sedang keroncongan.

3. Mencari Hobi yang Membuat Lupa dari Rasa Lapar
Saat berpuasa, jika sedang libur atau memiliki waktu luang, cobalah untuk memaksimalkan hobi yang Anda sukai seperti menjahit, menari, berkebun, bermain alat musik, menggambar, melukis dan sebagainya. Biasanya dengan melakukan sesuatu yang disukai bisa membuat Anda jauh lebih semangat untuk berpuasa. Jika lelah, istirahatlah beberapa saat agar kembali fresh.

4. Lakukan Olahraga Ringan
Jangan pernah berpikir ketika berpuasa untuk bermalas-malasan dan tidak bergerak. Gerakanlah tubuh dengan melakukan olahraga ringan. Cobalah berolahraga saat pagi atau sore ketika udara masih di sekitar rumah, jika bisa usahakan paling jauh hanya di halaman rumah saja dan lebih baik jika dilakukan di dalam rumah saja.

5. Anggap Puasa Layaknya sebuah Metode Diet
Ketika Anda sedang berpuasa, cobalah untuk berpikir bahwa Anda hanya sedang menunda waktu makan. Sama seperti ketika sedang diet, Anda tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi suatu makanan yang mengandung gula. Lain halnya berpuasa, Anda dituntut untuk menahan lapar dan haus.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT