ADVERTISEMENT

Kurs Rubel Rusia Rontok Ke Rekor Terendah Baru

Senin, 7 Maret 2022 16:00 WIB

Share
Rubel (Ilustrasi)
Rubel (Ilustrasi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

INGGRIS, POSKOTA.CO.ID - Jatuh ke rekor terendah baru terjadi pada nilai tukar mata uang Rusia Rubel di perdagangan di luar negeri yang tipis pada Senin (7/3/2022).

Dengan pasar lokal ditutup untuk perdagangan setidaknya sampai Rabu (9/3/2022).

Rubel melemah menjadi 130,9338 terhadap dolar setelah ditutup pada 121,037 pada Jumat (4/3/2022) menurut data Refinitiv.

Di platform perdagangan EBS, rubel melemah ke level 140,00 terhadap dolar.

Spread bid/offer antara 10 dan 15 sen, menunjukkan pasar yang semakin tidak likuid.

Perdagangan di bursa Moskow MOEX dijadwalkan akan ditutup hingga Rabu (9/3/2022) untuk hari libur bank. Saham terakhir diperdagangkan pada 25 Februari di bursa Moskow.

Rubel telah kehilangan lebih dari 40 persen nilainya terhadap greenback sejak awal tahun dengan kerugian yang meningkat tajam sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari sehingga memicu hujan sanksi dari Barat.

Hal ini membuat negara itu terisolasi dari pasar keuangan internasional.

"Menjadi sangat sulit untuk memperdagangkan rubel setelah sanksi," kata Aaron Hurd, manajer portofolio senior, mata uang di State Street Global Advisors. "Likuiditas telah menghilang dan pasar menjadi sangat fluktuatif."

Runtuhnya rubel telah memukul volume perdagangan. Omzet mata uang Rusia di EBS turun lebih dari 80 persen pada Jumat (4/3/2022) dibandingkan dengan akhir Februari. ***

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT