ADVERTISEMENT

Rabu Abu, Umat Kristen Sedunia Berpuasa Demi Ukraina

Rabu, 2 Maret 2022 23:00 WIB

Share
Penerimaan abu saat Rabu Abu.
Penerimaan abu saat Rabu Abu.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

AS, POSKOTA.CO.ID - Paus Fransiskus dan para pemimpin Kristen lain di seluruh dunia telah mendorong umat beriman untuk berpuasa dan berdoa bagi Ukraina pada Rabu Abu (2/3/2022).

Rabu Abu merupakan hari ketika banyak orang Kristen diingatkan akan kefanaan mereka dengan sapuan abu di dahi mereka.

Dua tahun terakhir menyebabkan para pastor berupaya menemukan cara untuk membagikan abu secara aman selama pandemi.

Namun perhatian para pemimpin Kristen pada tahun ini beralih pada invasi Rusia ke Ukraina dengan menyerukan doa bagi perdamaian.

“Semoga Ratu Perdamaian menjaga dunia dari kegilaan perang,” tulis Paus Fransiskus dalam seruannya untuk berpuasa.

Praktik kuno puasa Kristen memungkinkan orang beriman untuk meningkatkan indra mereka dan memfokuskan energi spiritual mereka, kata Bapa Mark Morozowich, teolog di Universitas Katolik Amerika.   

“Dunia dipanggil untuk berdoa lebih dalam,” kata Mark Morozowich.

“Saat kami terus berdiri di samping saudara dan saudari Ukraina kami, dan ketika dunia menunjukkan kepada pihak berwenang Rusia bahwa ini tidak dapat ditoleransi, kami memiliki kesempatan untuk ... mencoba membangun dunia yang dibangun di atas rasa saling menghormati dan ketertiban yang dibangun di atas rasa hormat dan cinta untuk sesama manusia. Bukan berdasarkan tirani dan ketakutan.”

Bagi umat Kristen yang merayakan Prapaskah, termasuk Presiden AS  Joe Biden yang beragama Katolik, Rabu Abu menandai awal periode pekan-pekan menjelang Minggu Paskah.

Pekan-pekan Prapaskah berfungsi sebagai periode refleksi pada kisah Alkitab tentang Yesus di padang pasir, berpuasa dan berdoa, sebelum kematian dan kebangkitannya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT