ADVERTISEMENT

Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Jumlah Penumpang Bus DAMRI Turun 14 Persen

Senin, 3 Januari 2022 18:31 WIB

Share
Bus Damri. (foto: ist)
Bus Damri. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ketika melayani Angkutan Natal dan Tahun Baru 2022, DAMRI telah melakukan pemantauan untuk monitoring di berbagai titik pulau Jawa dan Sumatra yang dimulai sejak H-7 Natal dan akan berlangsung hingga 5 Januari 2022. 

"Pemantauan tersebut bertujuan untuk mengawal potensi peningkatan pergerakan arus penumpang, serta memastikan penerapan protokol kesehatan dengan mengedepankan faktor D-5K yaitu Keselamatan, Kesehatan, Keamanan, Ketepatan, dan Kenyamanan para pengguna jasa transportasi bus," kata Direktur Utama DAMRI, Setia N. Milatia Moemin, Minggu (2/1/2021).

Pada masa Nataru 2022, calon pelanggan DAMRI yang ingin melakukan perjalanan wajib menunjukkan sertifikat vaksin secara fisik maupun digital, ataupun memindai kode QR lewat aplikasi Peduli Lindungi kepada petugas. 

Sebelumnya, sejak awal Nataru, DAMRI telah mengumumkan informasi terbaru mengenai rute dan trayek, jenis layanan, hingga penyesuaian tarif yang dikenakan.

Berikut beberapa rute yang dilayani, di antaranya Jakarta-Surabaya, Jakarta-Malang, Bandung-Yogyakarta, Palembang-Lampung, hingga Cilacap-Kemayoran, dengan jenis layanan Bisnis hingga Royal Class.

Selama dua pekan lebih penyelenggaraan masa Angkutan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, sampai dengan 31 Desember 2021, DAMRI telah melayani 401.664 penumpang, terdapat penurunan sebesar 14 persen dibanding periode yang sama pada 2020 lalu.

"Sedangkan khusus layanan jarak jauh Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), tercatat sebanyak 91.738 penumpang yang dilayani, untuk AKAP mengalami kenaikan sekitar 31% jika dibandingkan dengan jumlah perjalanan di periode yang sama pada tahun 2020 lalu yaitu sebanyak 70.890 penumpang," lanjutnya. 

Kenaikan penumpang tersebut dipicu oleh peningkatan jumlah masyarakat yang melakukan perjalanan dengan menggunakan transportasi bus. 

Untuk memudahkan pelanggan melakukan pemesanan tiket, DAMRI memberikan pilihan layanan dengan metode cashless, yaitu melalui DAMRI Apps, portal www.damri.co.id, Traveloka, RedBus, DANA, OVO, dan Alfamart maupun Indomart di seluruh Indonesia.

 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT