ADVERTISEMENT

Gawat! Antartika Munculkan Tanda-tanda 'Kiamat': Es Mencair, Air Laut Mulai Naik

Kamis, 23 Desember 2021 10:08 WIB

Share
Es Antartika Mencair (Foto: Pixabay/clara5656)
Es Antartika Mencair (Foto: Pixabay/clara5656)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ANTARTIKA, POSKOTA.CO.ID – Para ilmuwan memperkirakan bahwa pemanasan global yang berkelanjutan saat ini justru bisa sebabkan peningkatan permukaan laut sebanyak lima meter pada tahun 3000M.

Salah satu dari banyak efek pemanasan global yakni adanya kenaikan permukaan laut karena lapisan es dan gletser Bumi yang mundur dan cair serta sumber lainnya.

Ketika permukaan air laut naik, wilayah pesisir yang padat penduduknya pada akhirnya bisa menjadi tidak dapat dihuni tanpa modifikasi pesisir yang ekstensif.

Maka dari itu, saat ini manusia perlu mengetahui dampak dari berbagai jalur perubahan iklim di masa depan terhadap perubahan permukaan laut yang disebabkan oleh lapisan es dan gletser.

Melansir dari laman Science Daily, sebuah tim peneliti dari Universitas Hokkaido, The University of Tokyo dan Japan Agency for Marine-Earth Science and Technology (JAMSTEC) mengeksplorasi perspektif jangka panjang.

Penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui perkembangan lapisan es Antartika setelah abad ke-21 dalam kondisi pemanasan global, dengan asumsi akhir abad ke-21, yakni kondisi iklim abad tetap konstan.

Selain itu diketahui juga bahwa model dan kesimpulan dari penelitian mereka sudah diterbitkan dalam Journal of Glaciology.

Proyek Interkomparasi Model Lapisan Es untuk Proyek Interkomparasi Model Berpasangan Fase 6 (ISMIP6) adalah upaya internasional utama yang menggunakan model generasi terbaru untuk memperkirakan dampak pemanasan global pada lapisan es Antartika dan Greenland.

Tujuannya adalah untuk memberikan masukan untuk Laporan Penilaian Keenam (AR6) yang baru-baru ini diterbitkan dari Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC).

Kontribusi lapisan es Antartika terhadap kenaikan permukaan laut pada tahun 2100 dinilai berada dalam kisaran antara -7,8 dan 30,0 sentimeter di bawah pemanasan yang tidak mereda dan antara 0 dan 3 sentimeter di bawah pengurangan emisi gas rumah kaca.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT