Ya Allah! Gegara Longsor, Wisata Negeri di Atas Awan Citorek Ditutup, Longsor Timbun Spot Foto dan Akses Jalan

Rabu, 22 Desember 2021 15:03 WIB

Share
Kondisi Gunung Luhur, Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak (ist)
Kondisi Gunung Luhur, Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak (ist)

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lebak menutup sementara kawasan destinasi wisata Gunung Luhur alias Negeri di Atas Awan, yang berada di Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak.

Kawasan destinasi wisata terhits di Kabupaten Lebak itu ditutup bukan tanpa alasan. Namun, karena adanta longsor yang menutupi jalan menuju kawasan gunung luhur. 

Selain itu, berdasarkan informasi yang dihimpun terdapat beberapa spot foto di destinasi wisata itu juga mengalami longsor.

Kepala Bidang Destinasi pada Disbudpar Lebak Usep membenarkan penutupan destinasi wisata gunung Luhur yang diakibatkan longsor di daerah sekitar.

"Iya ditutup sementara, ada pergerakan tanah setelah kemarin hujan besar 3 jam," kata Usep saat ditemui, Rabu (22/12/2021).

Katanya, terdapat beberapa titik terjadinya pergerakan tanah atau longsor susulan di kawasan destinasi itu. 

"Posisi tanah sampai sekarang masih belum stabil, terutama di titik gunung luhurnya. Sama jalan gang dibawahnya yang sekarang tidak bisa dilalui karena terhalang longsor," katanya.

Untuk itu, pihaknya pun memutuskan untuk menutup destinasi wisata itu hingga batas waktu yang belum ditentukan atau hingga kondisi tanah di kawasan gunungluhur itu aman.

"Kemungkinan selama nataru (Natal dan Tahun Baru,-red) masih ditutup, untuk menghindari dari hal-hal yang berbahaya bagi wisatawan. Kita masih pantau juga perkembangannya," tegasnya.

Saat ini, aparatur desa setempat dan warga sekitar tengah membersihkan material longsor, agar akses jalan bisa kembali di lalui.(Kontributor Banten/Yusuf Permana)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar