ADVERTISEMENT

Terkuak! Peneliti Sebut Asal Usul Wabah Covid-19 Berasal dari Pasar di Wuhan China, Ternyata Ini Penyebabnya

Sabtu, 20 November 2021 06:13 WIB

Share
Pasar di Kota Haikou, Provinsi Hainan (Xinhua/Guo Cheng)
Pasar di Kota Haikou, Provinsi Hainan (Xinhua/Guo Cheng)

Pemerintahan Trump dan, kemudian, pejabat intelijen di pemerintahan Biden menunjukkan kemungkinan laboratorium penelitian virologi di Wuhan, ketika pejabat pemerintah China berusaha untuk menangkis kesalahan yang mengarah pada lebih banyak ketidakpastian tentang asal-usulnya.

Worobey, yang berspesialisasi dalam melacak evolusi genetik virus, mengatakan bahwa apa yang dia temukan memperkuat teori bahwa virus itu berasal dari hewan yang dijual di pasar seperti wabah SARS pertama pada 2002-2004.

Penelitian lain membantu ahli virologi memetakan kasus paling awal yang mengelompokkannya di seluruh pasar.

“Bahwa begitu banyak dari lebih dari 100 kasus Covid-19 dari Desember tanpa hubungan epidemiologis yang teridentifikasi ke Pasar Huanan tetap tinggal di sekitar langsungnya adalah penting dan memberikan bukti kuat bahwa penularan masyarakat dimulai di pasar,” tulis Worobey.

"Ini memberi tahu kita bahwa ada panah merah besar yang berkedip yang menunjuk ke Pasar Huanan sebagai tempat yang paling memungkinkan pandemi dimulai.

“Virus itu tidak datang dari bagian lain Wuhan dan kemudian sampai ke pasar Huanan. Buktinya berbicara sangat kuat tentang virus yang dimulai di pasar dan kemudian bocor ke lingkungan sekitar pasar.”

Peter Daszak, presiden EcoHealth Alliance dan salah satu penyelidik WHO, mengatakan dia “sangat terkesan dengan pekerjaan detektif” oleh pakar tersebut.

"Semua yang dia katakan tentang kasus 8 Desember sesuai dengan apa yang kami alami di Wuhan dalam perjalanan WHO - ada sekelompok kasus awal yang masuk ke rumah sakit pada akhir Desember dan dokter bekerja kembali ke tanggal yang diperkirakan," kata Daszak.

“Mereka baru saja membuat kesalahan dengan orang ini karena dia kemungkinan mengunjungi rumah sakit karena alasan lain. Ini menempatkan kasus pertama yang diketahui sebagai pekerja pasar Huanan, bukan akuntan yang tinggal di dekat salah satu kampus lab Wuhan,” tulis Daszak.

“Ini sekarang menambah sekitar 10 bukti ilmiah lain yang telah saya lihat sejak akhir pekerjaan WHO kami, yang semuanya mengarah ke asal melalui peternakan dan pasar satwa liar.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT