ADVERTISEMENT

Heboh! SBY Sakit Kanker Prostat, AHY dan Keluarga Malah Asyik Liburan di Amerika Serikat? Cek Faktanya

Sabtu, 13 November 2021 19:19 WIB

Share
Beredar Kabar AHY dan Keluarga Liburan di Amerika Serikat (Foto: @blackphantom_16/Instagram)
Beredar Kabar AHY dan Keluarga Liburan di Amerika Serikat (Foto: @blackphantom_16/Instagram)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Beredar kabar di media sosial yang menyebut bahwa Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama keluarga sedang asik liburan di Amerika Serikat dengan dibiayai oleh negara.

Padahal, sang ayah yakni Presiden RI ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) baru saja menjalani operasi dari penyakit kanker prostat yang dideritanya.

Awal mula kabar itu disebarluaskan oleh salah satu orang pengguna akun Facebook pada 5 November 2021 lalu.

Tampak jelas pengguna Facebook itu mengunggah foto AHY saat sedang liburan bersama istrinya, Annisa Pohan dan putrinya.

Ketiganya asik berpose di atas sebuah bangunan tinggi yang memiliki latar belakang gedung pencakar langit.

Mulai dari situlah timbul kecaman yang mengatakan bahwa AHY dan keluarga justru liburan di Amerika Serikat saat SBY menjalani operasi.

"Mau nanya ... apa benar info ini yg katanya SBY berobat ke Amerika bawa 26 orang? Kalo bener, .... itu liburan keluarga apa berobat ?" tulis keterangan yang ada di akun Facebook tersebut.

Postingan atersebut sudah dibagikan sebanyak 5 kali dan terdapat 53 komentar netizen Facebook.

Akan tetapi yang jadi pertanyaan adalah apakah benar AHY dan keluarga liburan ditengah kondisi SBY yang belum sepenuhnya pulih?

Namun, setelah ditelusuri ternyata tidak ada sama sekali media online, cetak atau elektronik yang mengabarkan bahwa AHY dan keluarga liburan di AS.

Bahkan banyak dari berbagai macam media online yang sudah memastikan bahwa kabar tersebut adalah bohong alias hoaks.

Kabar AHY dan kleuarga asik liburan di AS juga sudah secara tegas dibantah oleh Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra.

Herzaky dengan tegas menyebut bahwa postingan yang mengatakan AHY dan keluarga liburan di AS adalah hoaks semata.

Selain itu Herzaky juga dapat memastikan foto yang beredar di media sosial itu sudah beberapa tahun lalu diunggah di Instagram Annisa Pohan dan bukan foto baru.

Foto tersebut diyakini Herzaky sudah pernah diunggah lebih dari tiga tahun yang lalu, karena anak AHY dan Annisa Pohan yakni Akira terlihat masih berusia kecil.

Ternyata setelah ditelusuri jelas sudah bahwa foto yang sama pernah diunggah di akun Instagram pribadi milik Annisa Pohan, @annisayudhoyono pada 31 Maret 2018 lalu.

Maka dari itu dapat dengan jelas dipastikan bahwa kabar yang mengatakan bahwa AHY dan keluarga liburan di Amerika Serikat dengan menggunakan biaya dari negara saat SBY menjalani operasi kanker prostat adalah tidak benar alias hoaks 100 persen. (cr03)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT