ADVERTISEMENT

Nadiem Makarim: Jika Sumpah Pemuda Tak Pernah Terjadi, Saya Yakin Kita Tidak Akan Ada di Sini Sebagai Pelajar yang Merdeka!

Kamis, 28 Oktober 2021 12:05 WIB

Share
Nadiem Anwar Makarim. (ist)
Nadiem Anwar Makarim. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim menjelaskan betapa pentingnya arti sumpah pemuda bagi bangsa Indonesia.

Menurutnya, tanpa adanya Sumpah Pemuda yang dicetuskan oleh generasi pendahulu maka akan sangat sulit bagi penerus bangsa untuk menjadi pelajar yang merdeka.

Dengan begitu Nadiem mengimbau kepada para generasi penerus bangsa agar ma uterus melanjutkan perjuangan yang telah dibentuk para pahlawan bangsa.

Hal tersebut disampaikannya pada saat perayaan Hari Sumpah Pemuda ke-93 di halaman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI pada Kamis (28/10/2021).

“Para pelajar di seluruh Indonesia yang saya banggakan, bayangkan jika para generasi pendahulu kita tidak menyatukan gagasan tentang sebuah bangsa yang bersatu dan merdeka. Bayangkan jika Sumpah Pemuda tidak pernah dicetuskan dan diikrarkan oleh para pemuda penggerak bangsa,” kata Nadiem.

“Jika semua itu tidak pernah terjadi, saya yakin kita tidak akan berdiri di sini sebagai pelajar yang merdeka dalam menuntut ilmu dan meraih cita-cita. Kita harus terus mengingat tapak-tapak sejarah yang dilalui para pendahulu kita sebagai bekal untuk membangun masa depan,” tambahnya.

Dalam acara yang dihadiri oleh 170 perwakilan mahasiswa dari 34 provinsi itu, Nadiem juga menegaskan jika Hari Sumpah Pemuda merupakan hari kemerdekaan untuk seluruh masyarakat.

Sumpah Pemuda diartikan Nadiem sebagai suatu hari di mana para generasi muda Indonesia melompat bersama dengan rampak dan serentak.

“Sekarang saatnya, jangan mundur lagi. Arahnya satu, maju. Caranya satu, melompat bersama,” imbuhnya.

Kemudian Pendiri sekaligus mantan CEO Gojek itu juga mengingatkan kalau pada saat ini mengejar ketertinggalan saja bukanlah suatu hal yang cukup.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT