Alhamdulillah! Menkes Budi Gunadi Sampaikan Kabar Baik, Obat Covid-19 Asal Amerika Ini Akan Tiba di Indonesia Akhir Tahun 2021

Selasa, 26 Oktober 2021 09:59 WIB

Share
Menkes Budi Gunadi Sadikin Sampaikan Berita Baik (Foto: Istimewa)
Menkes Budi Gunadi Sadikin Sampaikan Berita Baik (Foto: Istimewa)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan kabar baik soal obat yang ampuh menyembuhkan pasien Covid-19.

Menurutnya obat yang diproduksi langsung oleh perusahaan Farmasi asal Amerika Serikat (AS), Merck yakni tablet Molnupiravir akan segera tiba di Indonesia.

Obat tersebut sedang diupayakan tiba di Indonesia setelah pemerintah membuat kesepakatan untuk mendatangkannya.

Kesepakatan untuk memboyong obat itu ke Indonesia sendiri tak lepas dari upaya Budi Gunadi selaku Menkes dan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Kedua orang itu dikabarkan belum lama ini telah melakukan kunjungan kerja di Amerika Serikat (AS) untuk dapat mengunci kesepakatan.

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Menkes Budi Gunadi dalam konferensi pers yang diunggah oleh kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Senin (25/10/2021).

"Kami sudah sampai ke tahap finalisasi dari agreement, agar Indonesia bisa mengadakan tablet Molnupiravir. Diusahakan di akhir tahun ini," kata Menkes Budi Gunadi.

Bukan hanya itu saja, Budi Gunadi juga menuturkan kalau pihaknya sedang melakukan negosiasi dengan perusahaan Merck agar mau membuat produksi obat Covid-19 Molnupiravir di Indonesia.

Rencana itu dibuat oleh Budi Gunadi lantaran ia ingin agar Indonesia sendiri bisa lebih siap dalam menghadapi ancaman terhadap adanya gelombang ketiga Covid-19 di Indonesia.

Sebelumnya Kemenkes juga sudah melakukan uji klinis terhadap obat-obatan baru untuk pasien Covid-19, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga turut dilibatkan.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar