Wow! Seorang Profesor asal Indonesia Klaim Berjemur di Pagi Hari Bisa Cegah Penularan Covid-19, Asalkan Dilakukan di Jam Ini

Kamis, 23 September 2021 07:18 WIB

Share
Manfaat dan Waktu yang Tepat Berjemur di Pagi Hari (Foto: Istimewa)
Manfaat dan Waktu yang Tepat Berjemur di Pagi Hari (Foto: Istimewa)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah salah satu cara untuk mencegah penularan virus Corona (Covid-19).

Selain untuk menjaga pola makan dan hidup yang sehat, berjemur di bawah sinar matahari dipercaya dapat menjaga kekebalan tubuh.

Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM, Prof.dr. Madarina Julia, Sp. A (K), MPH., Ph.D., mengatakan bahwa tubuh manusia membutuhkan sinar matahari untuk membantu meningkatkan produksi vitamin D dalam tubuh.

Sinar matahari ini adalah sumber utama vitamin D alami, sementara sangat sedikit yang berasal dari makanan.

“Vitamin D juga memiliki efek imunomodulator yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh,” jelasnya, Selasa (31/3/2020), dikutip dari laman resmi UGM.

Sistem imun ini merupakan pertahanan tubuh terhadap virus dan bakteri penyebab penyakit. Sedangkan jika tubuh kekurangan vitamin D, maka dapat menghambat pertumbuhan dan rentan terhadap virus atau bakteri.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk berjemur agar mendapat paparan sinar matahari yang cukup?

dr Madarina menjelaskan, waktu berjemur yang cukup adalah saat bayangan tubuh lebih pendek dari ketinggian, sedangkan waktu berjemur yang disarankan adalah sekitar 10 hingga 15 menit.

“Waktunya bisa mulai dari pukul 10.00 pagi hingga 15.00 sore, jangan dilakukan lebih awal karena paparan sinar matahari tidak cukup,” ujarnya.

Selain itu, pada pagi hari suasana udara kurang pas, terutama di kota-kota besar dengan tingkat polusi yang tinggi.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar