POSKOTA.CO.ID - Edan banget, sih, sob kalau lihat detail Honda Monkey satu ini. Motor lain pasti cuit, deh.
Gimana nggak, kecil-kecil tapi udah kayak cabe rawit. Sekali gigit bikin pedes.
Dan pasti, deh, pengguna motor lain bakal kepedesan lihat Honda Monkey ini karena saking hedonnya part yang diaplikasi.
Boleh dibilang, pemilik Honda Monkey dari Vietnam ini totalitas banget memodifikasi mini bike satu ini.
Kita mulai dari mana, nih? Saking berkelasnya, sampai bikin mau bahas dari mana.
Oke, kita mulai dari bagian atas dulu, sob!
Tengok area setang kemudinya, di sini kita bisa lihat Honda Monkey ini telah disematkan layar LCD kecil yang nggak lain adalah voltmeter.
Fungsionalnya cukup vital karena sistem kelistrikannya sudah nggak standar lantaran sektor dapur bagus diketahui sudah membengkak.
Tapi, tenang, kita bahas satu per satu dulu ya, sabar.
Selain voltmeter, di bagian handlebar alias setangnya, terlihat sepasang master rem Brembo RCS Corsa Corta.
Duh, gila benar! Peranti ini yang biasa digunakan buat motor berkapasitas besar, lho! Yaa... macam Ducati Panigale, lah.
Lalu di bagian kirinya ada tuas master kopling lansiran TMW.
Terus, biar laju motor tetap stabil di putaran tinggi, setang dipasang stabilizer alias steering damper Hyperpor, segitiga CNC dan riser setang SMR.
Di bagian atas saja sudah bikin pedes, nih!
Lanjut ke sektor kaki-kaki Honda Monkey ini, biar dimensi kecil jangan dikira part di bagian nggak tersedia.
Pertama, kedua roda depan dan belakang kini sudah menggunakan sepasang pelek karbon dari BST berpalang tiga.
By the way, BST di sini bukan dari singkatan bantuan sosial tunai, ya, sob. Jangan halu, kalau nggak dapat BST ya! Wkwkwkwk...
Dari sistem pengereman yang sudah maksimal tadi, diperkuat dengan roda depan terpasang kaliper Brembo 4P agar dapat maksimal menjepit cakram floating.

Kaki-kaki bagian depan mewah banget. (Foto/2banh.vn)
Sementara bagian belakangnya, juga didukung dengan kaliper rem Brembo 2P alias dual piston untuk cakram jenis floating.
Jadi, depan dan belakang terlihat matching banget dan sudah jelas, nih, mata makin kepedesan, sob!
Sektor kali ini nggak kalah pentingnya, yakni sisi kenyaman Honda Monkey ini ditingkatkan dengan mengaplikasikan suspensi berlabel Show Advantage untuk bagian belakang.
Sementara bagian depannya, tampak masih bawaan pabriknya, nih.

Bagian belakang motor ini bikin geleng-geleng kepala. (Foto/2banh.vn)
Tapi not bad, toh, sudah didukung dengan suspensi belakang yang jauh lebih maknyus sekarang.
Selanjutnya, ini dia, sob, yang ditunggu-tunggu pembaca dari tadi, yaitu sektor mesinnya.
Seperti disinggung di atas, Honda Monkey 125 ini kecil-kecil bisa ngegigit siapapun.
Sebab, mesin yang digendongnya sekarang ini sudah terupgrade jauh lebih bertenaga.
Nggak mau ribet, satu paket big bore up kit dari Koso terpasang dengan manis. Masih penasaran?
Kini kapasitas jeroannya membengkak menjadi 170cc dari 125cc, atau naik 70 persen.
Agar aman sentosa, mesinnya dibikin andem dengan suplai cairan yang disirkulasikan oleh radiator merek Takegawa.
Tapi, justru selain itu, yang bikin Honda Monkey ini terlihat makin sangat karena penggunaan dry clutch alias kopling kering dari SMR.

Honda Monkey ini pakai kopling kering, sob. (Foto/2banh.vn)
Wadaawww... sudah nyamain motor MotoGP saja ini, mah, sob. Gokil!
Terakhir, agar mesin makin enak dijambak, Honda Monkey ini sekarang memakai knalpot lansiran Over Racing Titanium.
Wah, emang bikin pedes mata, sob! Siapa bisa lawan Honda Monkey satu ini, nih? Hehehe...