POSKOTA.CO.ID – Dalam beberapa tahun terakhir industri otomotif terus mencatatkan perkembangan yang pesat.
Tercatat berdasarkan berbagai data di tahun 2021 ini penjualan mobil tumbuh 10,54%, sedangkan motor sekitar 68%.
Berdasarkan data tersebut tentu industri otomotif di Tanah Air mulai bangkit dan terus menumbuhkan peluang bagi seller dan UMKM di sektor otomotif ini.
Melihat peluang tersebut, Lazada memperkenalkan Pojok Otomotif, yaitu kanal khusus otomotif di Lazada yang dikembangkan dengan menggandeng seller dan UMKM lokal.
Hal ini tentu bertujuan untuk memberikan produk dan servis berkualitas baik untuk mobil maupun motor dengan harga terjangkau bagi konsumen.
“Seiring dengan meningkatnya penjualan motor dan mobil di Indonesia, Lazada melihat adanya pertumbuhan pesat di kategori otomotif Lazada, baik dari sisi penjualan yang meningkat hingga 3x lipat, dan juga dari sisi traffic yang meningkat hingga 2x lipat selama 1 tahun terakhir,” ujar Ferry Kusnowo selaku Chief Customer Officer dan Head of GM Category, Lazada Indonesia.
“Pojok Otomotif adalah kanal terbaru yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan produk otomotif lokal berkualitas global dan harga terjangkau, dengan menggandeng seller otomotif lokal. Kami melihat di Indonesia banyak seller produk-produk otomotif yang potensial, sehingga, kami merangkul para seller hingga ke berbagai daerah di seluruh Indonesia,” tambahnya.
“Tujuannya tentu agar konsumen produk otomotif, bisa dengan mudah menjangkau mereka serta bagi para seller dapat memperluas jangkauan pasarnya. Hal ini juga sejalan dengan komitmen kami di Lazada yang selalu mendukung seller lokal, mengembangkan industri otomotif Indonesia, hingga pada akhirnya berkontribusi dalam menstimulasi perekonomian nasional,” jelas Ferry.
Lewat Pojok Otomotif, Lazada secara aktif melakukan berbagai kolaborasi untuk memudahkan seller pelaku UMKM otomotif, sob.
Salah satunya berkolaborasi dengan berbagai dealer untuk memudahkan seller dan pelaku UMKM motor dan mobil mendapatkan spare parts dan aksesoris dengan harga yang lebih terjangkau, tanpa harus membeli secara grosir.
Jadi di Pojok Otomotif Lazada ini konsumen bisa dapatkan produk otomotif dengan harga grosir secara pembelian satuan.
Lazada juga menggandeng bengkel lokal untuk menjual servisnya di Pojok Otomotif.
Ini tentunya menjadi terobosan baru dan berbeda diantara market place lainnya.
“Selain melakukan kolaborasi yang bermanfaat , khususnya bagi pengusaha kecil dan konsumen, kami juga berinisiatif menggandeng bengkel-bengkel, untukmemasarkan servis mereka secara online lewat Pojok Otomotif di Lazada,”ungkap Ricky Sanjaya, Manager, Key Account Management Automotive Category, Lazada Indonesia.
“Hal ini membantu bengkel menjangkau konsumen yang lebih luas, dan membuka kesempatan untuk mendapatkan pelanggan baru. Konsumen pun dapat lebih mudah memilih servis yang mereka inginkan, dan menyelesaikan transaksi dengan nyaman di aplikasi, sebelum membawa kendaraan mereka ke bengkel pilihan,” terangnya.
“Hingga saat ini ada lebih dari 800 bengkel yang menawarkan servis mereka di Lazada, dan rata-rata telah merasakan peningkatan pengunjung hingga 2 kali lipat,” imbuh Ricky.
Untuk merangkul lebih banyak konsumen, Pojok Otomotif kerap menghadirkan beragam kampanye promo mingguan untuk konsumen, seperti Bursa Suku Cadang Otomotif, Pameran Otomotif Online, Pojok Otomotif serta Pejantan Tangguh.
Saat ini, sampai akhir tahun 2021, Lazada juga sudah berkolaborasi dengan Yamaha Indonesia dalam program Give Away Pojok Otomotif, yang memberikan kesempatan untuk mendapatkan satu unit motor Yamaha setiap bulan.
Kanal Pojok Otomotif Lazada, bikin mudah pecinta otomotif mencari keperluannya. (foto/lazada)