Klaster Kerumunan di Acara Habib Rizieq Bermunculan
Jumat, 20 November 2020 20:26 WIB
Share
Ketua Satgas Covid 19 Letnan Jenderal Doni Monardo. (Ist)

JAKARTA - Ketua Satgas Covid 19 Letnan Jenderal Doni Monardo menyebutkan klaster kerumunan di acara Habib Rizieq Shihab kini bermunculan. Termasuk salah satunya adalah Lurah Petamburan.

Sebab itu, untuk mencegah klaster kerumunan di Petamburan yang lebih besar, Doni Monardo meminta masyarakat yang pernah mengikuti kegiatan Habib Rizieq agar melakukan pemeriksaan di Puskesmas di wilayahnya.

"Kami minta dengan kesadaran sendiri mereka untuk melaporkan diri kepada Ketua RT dan Ketua RW di wilayahnya," terang Doni saat kunjungan kerja kesiapsiagaan erupsi Gunung Merapi di Boyolali Jawa Tengah Jumat (20 /11).

Baca juga: Doni Monardo Minta Klaster Kerumunan Sukarela Melakukan Tes Covid-19

Data yang diterima Satgas, per Kamis sore 19 November, kata Doni, untuk wilayah Petamburan Jakarta Pusat telah dilakukan swab terhadap 15 orang. Ada 7 orang positif Covid 19, termasuk Lurah Petamburan.

"Data Jumat sore 20 November, hasil swab antigen untuk Kluster Mega Mendung adalah yang diperiksa 559 orang, yang positif ada 20 orang. Laporan lain, terdapat 50 orang positif Covid 19 yang mayoritas berdomisili sekitar Tibet," kata Doni.

Untuk itu, Ketua Satgas Doni Monardo berharap kerjasama semua komponen masyarakat di berbagai daerah terutama di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten khususnya para Ketua RT dan Ketua RW untuk menyampaikan pesan kepada keluarga keluarga bagi yang kemarin ikut beraktivitas.

Baca juga: Doni Monardo Ingatkan Kepala Daerah Cegah Kerumunan: Protokol Kesehatan Harga Mati!

Mulai dari penjemputan di Bandara Soekarno Hatta, kegiatan Maulid Nabi di Tebet, dan juga di Mega Mendung, serta acara terakhir di Petamburan, kiranya dengan kesadaran sendiri untuk melaporkan diri kepada Ketua RT dan Ketua RW.

"Pemeriksaan di Puskesmas tanpa dipungut biaya. Pemeriksaan ini sangat penting agar diketahui lebih dini. Jika ada yang positif bisa segera isolasi dan tempat isolasi disiapkan pemerintah.

Halaman
1 2