Download E-Paper

FGD Pos Kota Lawan Covid-19 di Sawangan Depok, Warga: Sosialisasi 3 M Door To Door Lebih Efektif

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 19:31
Tim Pos Kota bersama para pengurus RW 12 dalam acara kegiatan FGD Protokol Kesehatan (angga)

DEPOK - Forum Group Discussion (FGD) bertema Disiplin Protokol Kesehatan Kunci Keberhasilan Melawan Covid-19 digelar Pos Kota di Perumahan Bumi Sawangan Indah (BSI) 2, Pengasinan, Kota Depok, Sabtu (17/10/2020). 

Kegiatan yang digagas bekerjasama dengan Satgas Penanganan Covid-19 ini bertujuan memberikan pemahaman warga untuk pelaksanaan protokol kesehatan guna menekan wabah Covid-19 di permukiman

Dipandu moderator Guruh Nara Persada, selaku editor Haria Pos Kota,  kegiatan yang berlangsung di aula warga tersebut menghadirkan nara sumber  Ketua RW 12, Budi Marsafli dan 5 Ketua RT di wilayah tersebut. 

Baca juga: Tambah 4.301, Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Jadi 357.762.

Menurut  Ketua RW 12, Budi Marsafli dalam membangun kesadaran warganya dalam menerapkan protokol kesehatan pihaknya melalukan sistem door to door, 

"Pendekatan secara door to door memberikan imbauan disiplin dalam masalah Covid-19 terkait penerapan 3 M yakni menjaga jarak, mencuci tangan, dan menggunakan masker. Menurut saya langkah ini lebih efektif dibanding menggelar razia masker atau penindakan lainnya," ujar Budi

Baca juga: Wujudkan Pilkada Aman, Kapolsek Sukmajaya Gelar FGD Antar Ormas

Bersama anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang selalu koorporatif di lingkungan sudah sangat mensuprot warga dalam hal masalah pencegahan penyebaran virus secara bersama-sama. 

"Dalam sosialisasi setiap ada kegiatan akan kita share ke media sosial baik group warga lingkungan. Selain itu pendekatan langsung dengan menyambangi warga di rumah sebagai bentuk pendekatan face to face," paparnya. 

Baca juga: Optimalkan Penanganan Covid-19, Pemkab Kepulauan Seribu Bentuk Satgas Tingkat RW 

Selain itu dalam pembatasan aktivitas warga dalam pemberlakuan jam malam, juga diserukan secara rutin sekaligus memberikan himbauan dari pemerintah Kota Depok sudah berjalan dengan baik. 

Secara terpisah, Ketua RT 04, Kholik, mengatakan dalam lawan wabah pandemi Covid-19, mengoptimalkan peran Satgas dalam tingkat RT melalui edukasi warga tentang Protokol Kesahatan. 

"Penerapan Protokol kesehatan langsung kita terapkan sambang ke rumah setiap seminggu sekali keliling imbauan dalam Prokes 3M. Selain itu jika ada warga gejala yang terpapar akan kita kasih suplemen jika tanda-tanda tidak hilang makan akan ditindaklanjuti Puskesmas kecamatan setempat," paparnya. 

Baca juga: Soal Vaksin Covid-19, Wapres Ma'ruf Amin: Kalau Tidak Halal Tidak Apa

Lalu Ketua RT 3 Edi Supriyadi menambahkan untuk warga di pemukiman rata-rata banyak bekerja di Jakarta. Sehingga sangat riskan dalam penyebaran Covid-19. 

"Kita sosialisasikan jika habis pulang kerja untuk mencuci tangan, melakukan sterilisasi dengan melakukan penyemprotan disenfektan ke tempat kumpul warga dan rumah setiap dua minggu sekali," pungkasnya. 

Dalam kegiatan turut dihadiri PLt Lurah Pengasinan Asep Suherman, anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Pengasinan Aiptu M Taslim, serta masing-masing perwakilan perangkat RT dan dari redaksi Pos Kota Pimpinan Redaksi Hj. Irdawati, Wapemred Pos Kota Tribroto, Sekretaris Redaksi Sutiyo. (angga/win) 

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

REKOMENDASI



IKLAN BARIS

-->