ADVERTISEMENT

Setelah 30 Tahun, Pemerkosa Ditangkap Gara-gara Kencingi Pot Tetangga

Selasa, 20 Maret 2018 09:39 WIB

Share
Setelah 30 Tahun, Pemerkosa Ditangkap Gara-gara Kencingi Pot Tetangga

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

INGGRIS –  Kabur lebih dari 30 tahun, seorang pemerkosa di Inggris tertangkap, gara-gara kencing sembarangan di pot tanaman tetangga. Eric McKenna akhirnya divonis bersalah dan dihukum 23 tahun. McKenna yang kini berusia 59 tahun memperkosa dua perempuan di kawasan North East, Inggris, pada 1983 dan 1988. Tak kunjung menemukan McKenna, kepolisian setempat membekukan dua perkara tersebut. Namun keributan antartetangga tahun 2016 membuka persembunyian McKenna. Kepolisian ketika itu mengambil sampel urin dalam pot yang diributkan. Melalui pemeriksaan DNA, polisi menemukan fakta, satu dari dua pihak yang berselisih paham itu adalah McKenna. Pengadilan di Kota Newcastle akhirnya menjatuhi hukuman penjara selama 23 tahun kepada McKenna atas pemerkosaan yang diperbuatnya.

Kasus Menakjubkan

April 1983, McKenna memperkosa perempuan berumur 21 tahun di kawasan Gateshead. Merujuk dokumen pengadilan, pada Maret 1988 McKenna melakukan perbuatan serupa kepada seorang siswi berusia 18 tahun di Newcastle. McKenna menyerang dua korban itu dari belakang ketika mereka berjalan sendirian. Ia mengancam korban dengan pisau.  Penyidik kepolisian daerah Northumbria, Mick Wilson, menyebut perkara semacam itu kerap terjadi. Lebih dari itu, itu menyatakan McKenna tidak menunjukkan penyesalan atas kejahatan tersebut. "Pelaku memperhitungkan perbuatan kriminal itu dan para korban merasa sangat terguncang," ujar Wilson seperti dilansir BBC.

Tak ada Pendampingan

Wilson menyebut ketiadaan teknologi forensik yang mumpuni pada era 1980-an menyulitkan penyidik menangkap McKenna. Secara khusus kepolisian meminta maaf pada dua korban pemerkosaan itu. Alasannya, mereka tidak mendampingi dan berbuat lebih banyak pada korban yang mengaku diperkosa. "McKenna merasa ia berhasil bebas dari tindakan kriminalnya. Namun keributan antartetangga dan perbuatan bodoh mengantarkannya pada hukuman selama penjara 23 tahun," kata Wilson. Jackie Wilkinson, pejabat di badan penasehat penanganan kasus pidana di Inggris, McKenna tidak akan tertangkap jika persoalan ajaib berupa keributan antartetangga tidak terjadi. "Pemerkosasan itu meninggalkan dampak psikologis seumur hidup bagi kedua korban. Mereka memaparkan kepedihan itu selama proses investigasi," kata Wilkinson.(Tri)

ADVERTISEMENT

Reporter: Admin Super
Editor: Admin Super
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT