POSKOTA.CO.ID - Penggunaan akan pinjaman online (pinjol) semakin marak banyak dikalangan masyarakat. Namun, banyak juga yang menghadapi kesulitan dalam membayar cicilan hingga mengalami gagal bayar (galbay).
Salah satu kekhawatiran utama bagi mereka yang mengalami galbay adalah apakah pihak penagih atau debt collector (DC) akan datang langsung ke rumah.
Menurut informasi yang dilansir dari kanal YouTube Bang Tri mengenai beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pihak pinjol dalam melakukan penagihan secara langsung.
Alasan DC Pinjol Tidak Datang Kerumah
1. Memutus Akses Komunikasi
Ketika seseorang mengalami galbay, pihak pinjol biasanya akan menyerahkan data nasabah kepada penagih. Data ini mencakup nomor telepon, alamat, serta informasi lain yang bisa digunakan untuk menghubungi nasabah.
Namun, jika komunikasi terputus, misalnya nomor telepon tidak bisa dihubungi baik melalui WhatsApp maupun panggilan bias maka pihak penagih akan kesulitan untuk memastikan keberadaan nasabah.
Hal ini bisa membuat mereka ragu untuk melakukan penagihan secara langsung.
2. Pertimbangan Domisili
Lokasi tempat tinggal nasabah juga menjadi faktor penting dalam strategi penagihan. Biasanya, pihak penagih lebih memilih untuk menagih ke nasabah yang tinggal di daerah perkotaan atau dekat dengan markas mereka.
Sebaliknya, jika nasabah tinggal di daerah pelosok atau pegunungan yang sulit dijangkau, maka kemungkinan besar penagih akan enggan datang secara langsung.
Kesulitan akses dan jarak tempuh yang jauh menjadi alasan utama mengapa nasabah di daerah terpencil jarang didatangi oleh penagih.