POSKOTA.CO.ID – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah mengumumkan informasi terbaru mengenai penyaluran Tunjangan Profesi Guru (TPG) tahun 2025.
Bagi guru yang telah mendapatkan status valid di Info GTK, ada beberapa langkah penting yang harus dilakukan agar pencairan tunjangan berjalan lancar dan tepat waktu.
Salah satu langkah utama adalah melakukan verifikasi dan validasi rekening sebelum 21 Maret 2025.
Baca Juga: Arti Kode 16 di Info GTK dan Cara Memahami Proses Validasi TPG
Kapan TPG 2025 Dicairkan?
Berdasarkan siaran pers Kemendikbudristek yang dirilis pada 8 Maret 2025, penyaluran TPG akan dilakukan secara bertahap. Pencairan paling cepat dijadwalkan mulai 21 Maret 2025. Oleh karena itu, guru di seluruh Indonesia dihimbau untuk segera memastikan data rekening mereka telah tervalidasi di laman Info GTK agar tidak mengalami kendala pencairan.
Verifikasi dan validasi rekening menjadi langkah krusial untuk memastikan bahwa tunjangan dapat diterima dengan lancar.
Berdasarkan data pemerintah, seperti dikutip dari kanal YouTube Calon Guru, dari sekitar 900.000 data rekening guru yang telah masuk, 70% di antaranya sudah dinyatakan valid oleh bank. Namun, masih ada sekitar 200.000 data rekening yang masih dalam proses verifikasi.
Oleh karena itu, guru perlu segera mengakses laman Info GTK dan memastikan bahwa data rekening mereka sudah benar dan sesuai. Kesalahan dalam data rekening bisa menyebabkan keterlambatan atau bahkan kegagalan dalam pencairan tunjangan.
Baca Juga: Info GTK Bermasalah? Simak Penyebab Tugas Tambahan Anda Tidak Valid, Begini Solusinya
Cara Mengecek dan Memvalidasi Rekening di Info GTK
Untuk memastikan rekening sudah valid, guru dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
Login ke laman Info GTK (info.gtk.kemdikbud.go.id) menggunakan akun yang telah terdaftar.