POSKOTA.CO.ID - Bagi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang terdata sebagai penerima di SK Nominasi berhak terima saldo dana bansos Rp375.000 dari subsidi Program Indonesia Pintar melalui Rekening BNI.
Penyaluran dana bansos PIP tahun 2025 mulai dilakukan oleh pemerintah kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang masuk di SK Nominasi.
Dilansir dari akun Youtube Gania Vlog, penyaluran dana senilai Rp375.000 dari subsidi PIP di tahun 2025 ini diberikan kepada KPM melalui Rekening BNI.
Dengan adanya kabar di atas, membuat KPM bisa menggunakan dana untuk memenuhi kebutuhan sekolah.
Baca Juga: Cek Jadwal Pencairan PIP 2025 dan Status Penerimaannya bagi Siswa SD hingga SMA
Program Indonesia Pintar (PIP)
Dikutip dari laman resmi Kemdikbud, penyaluran bantuan PIP diberika kepada anak usia enam tahun hingga 21 tahun untuk memenuhi kebutuhan pendidikan sampai dengan tamat.
Dana PIP senilai Rp375.000 yang cair ke Rekening BNI, diperkirakan khusus untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).
Pasalnya hanya siswa SMA yang mendapat Rekening Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) berjenis BNI.
Siswa dengan kategori Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) mendapat Rekening KKS berjenis BRI.
Baca Juga: Dana PIP 2025 Bakalan Cair untuk 18,6 Juta Siswa! Begini Cara Daftar dan Aktivasi Rekening SimPel
Bagi KPM yang belum mengetahui adanya pencairan dana PIP 2025 senilai Rp375.000 harap segera cek status di situs Kemdikbud.
Cara Cek Status Penyaluran PIP 2025
1. Akses Website Resmi PIP
Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengecek status penerima PIP adalah dengan mengakses situs resmi yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).
Anda dapat membuka halaman resmi PIP melalui link https://pip.kemdikbud.go.id di browser HP atau perangkat lainnya.
Website ini adalah sumber utama yang dapat Anda percayai untuk memperoleh informasi mengenai status PIP.
Baca Juga: Besaran Bantuan PIP 2025 Khusus Santri dan Cara Ceknya
2. Pilih Menu Cek Penerima PIP
Setelah membuka website resmi PIP, Anda akan menemukan berbagai menu yang tersedia di halaman utama.
Cari dan klik menu “Cek Penerima PIP” atau langsung menuju halaman yang memungkinkan Anda untuk memeriksa data penerima.
Halaman ini menyediakan kolom pencarian yang memungkinkan Anda mencari data penerima berdasarkan informasi pribadi penerima, seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
3. Masukkan Informasi yang Diperlukan
Pada halaman cek penerima, Anda akan diminta untuk mengisi beberapa informasi pribadi yang diperlukan untuk verifikasi data.
Informasi yang harus dimasukkan antara lain:
- NIK (Nomor Induk Kependudukan): Jika Anda adalah orang tua atau wali yang ingin mengecek status penerimaan PIP untuk anak, masukkan NIK dari Kartu Keluarga (KK) yang tertera.
- NISN (Nomor Induk Siswa Nasional): Anda juga bisa menggunakan NISN yang dimiliki oleh siswa yang bersangkutan. NISN dapat ditemukan pada kartu pelajar atau bisa didapatkan dengan menghubungi pihak sekolah.
4. Verifikasi dan Proses Pengecekan
Setelah mengisi semua data yang diminta, klik tombol “Cek Penerima” untuk memulai proses pengecekan.
Sistem akan memverifikasi data yang Anda masukkan dan mencari apakah nama anak tersebut terdaftar sebagai penerima PIP atau tidak.
Baca Juga: Saldo Dana Bantuan PIP 2025 Cair Kepada Siswa dengan NISN Ini, Cek Melalui Laman pip.kemdikbud.go.id
Pastikan informasi yang dimasukkan sudah benar agar hasil pengecekan dapat ditampilkan dengan akurat.
5. Lihat Hasil Cek Status Penerima PIP
Jika data yang Anda masukkan sudah terverifikasi, sistem akan menampilkan hasil cek status penerima PIP.
Hasil yang muncul akan mencakup berbagai informasi penting, seperti:
- Status apakah anak tersebut terdaftar sebagai penerima bantuan PIP atau tidak.
- Jumlah dana yang diterima oleh penerima.
- Tahun anggaran terkait bantuan yang diterima.
- Nama sekolah yang terdaftar sebagai penerima manfaat.
Dengan informasi ini, Anda dapat mengetahui secara jelas apakah anak Anda berhak menerima bantuan pendidikan melalui PIP.
Bagi KPM yang sudah menerima dana PIP senilai Rp375.000 melalui Rekening BNI, segera ambil via ATM terdekat.
Cara Ambil Dana PIP 2025 via ATM BNI
Berikut cara ambil dana PIP 2025 via ATM BNI:
- Kunjungi ATM BNI cabang terdekat atau mesin ATM bersama.
- Pilih opsi nominal yang tersedia, yaitu Rp50.000 atau Rp100.000, sesuai dengan kebutuhan Anda.
- Masukkan kartu debit ATM BNI Anda ke dalam mesin.
- Pilih bahasa yang diinginkan, yaitu Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
- Ketik PIN ATM BNI yang terdiri dari 6 digit. Pastikan Anda memasukkan PIN dengan benar karena tiga kali kesalahan akan mengakibatkan pemblokiran kartu ATM BNI.
- Pilih “Tarik Tunai”.
- Pilih nominal uang yang ingin Anda tarik sesuai dengan layar yang tersedia. Jika jumlah yang Anda inginkan tidak tercantum, Anda dapat memilih “Cancel” dan memulai transaksi lagi. Kemudian, pilih “Transaksi Lainnya” dan
- masukkan jumlah yang diinginkan.
- Pilih “Rekening Tabungan”.
- Tunggu sejenak hingga uang tunai dikeluarkan oleh mesin ATM.
- Periksa jumlah uang yang Anda tarik.
- Jangan lupa untuk mengambil kartu ATM BNI Anda setelah selesai bertransaksi.
- Transaksi penarikan uang tunai dari ATM BNI selesai.
Sekian informasi terkait penyaluran saldo dana Rp375.000 dari subsidi bansos PIP 2025 via Rekening BNI milik NISN Anda yang masuk di SK Nominasi.