POSKOTA.CO.ID - Banyak pertanyaan apakah menghasilkan uang dari Facebook benar-benar bisa dilakukan? Jawabannya ya bisa dilakukan.
Sebab, platform media sosial milik Meta ini memiliki fitur atau program monetisasi konten untuk penggunanya.
Kendati begitu, pengguna bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan membuat konten otentik berupa video, teks hingga gambar.
Penasaran bagaimana tahapan-tahapan untuk menghasilkan uang lewat Facebook, berikut informasi lengkapnya.
Jenis Monetisasi Konten di Facebook
Sebelum berbicara lebih jauh, kiranya pengguna mesti tahu akun yang bisa melakukan monetisasi di Facebook adalah halaman serta profil profesional.
Berikut ini beberapa jenis fitur monetisasi di Facebook yang bisa diakses oleh pengguna, yaitu:
Bintang
Fitur ini memungkinkan kreator mendapatkan penghasilan dengan mendapatkan bintang yang diberikan oleh audiens.
Fitur bintang ini akan muncul secara otomatis dalam unggahan video reel, siaran langsung, foto atau teks yang sudah memenuhi syarat.
Setiap satu bintang yang diterima oleh kreator dihargai sekira 0.01 USD atau setara dengan Rp159 rupiah ketika harga dolar Rp15.921.
Syarat untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna harus memiliki 500 pengikut selama 30 hari dan berada di wilayah yang memenuhi syarat. Kemudian berusia minimal 18 tahun.
Iklan Reel
Pengguna yang menjadi kreator dan memenuhi syarat bisa mendapat sebuah iklan yang ditempatkan dalam konten video reels yang diunggahnya.
Ada dua jenis iklan reels yang berlaku di Facebook yaitu banner overlay dan iklan post-loop. Maksud dari kedua jenis iklan ini adalah:
- Banner overlay: iklan yang ditempatkan di bagian bawah konten reel dalam bentuk gambar tunggal atau carousel
- Post-loop: iklan video terpisah dengan durasi empat detik atau lebih yang muncul setelah video reel diputar ulang
Syarat untuk menghasilkan uang lewat Reel Facebook, kreator harus mendapat undangan dari Facebook, serta berusia minimal 18 tahun.
Iklan In-Stream
Iklan in-stream merupakan iklan berupa gambar atau video yang diputar sebelum, selama atau setelah video.
Dengan mengaktifkan fitur ini, kreator memungkinkan menghasilkan uang di Facebook. Namun sayangnya, fitur ini ditutup sejak 4 Oktober 2024, karena pihak Facebook tengah melakukan uji coba untuk monetisasi konten.
Kabar baiknya, pada tahun 2025 mendatang fitur ini bisa diakses kembali secara terbuka oleh para kreator.
Langganan Facebook
Fitur ini memungkinkan kreator mendapat dukungan dari audiensnya setiap bulan. Para pelanggan nantinya berhak untuk mendapat keuntungan seperti konten eksklusif, interaksi pribadi serta lencana.
Syarat untuk bisa mengaktifkan langganan Facebook ada dua, di antaranya:
- Kreator Video: memiliki 10.000 pengikut atau 250 lebih pemirsa yang kembali berinteraksi dalam 60 hari terakhir. Kemudian memiliki 50.000 interaksi postingan atau 180.000 menit video yang ditonton di halamannya
- Kreator Gaming: Halaman Facebook harus menjadi bagian dari program level up dan memiliki 250 lebih pemirsa yang kembali menonton streaming gamenya
- Berusia minimal 18 tahun
Siaran Langsung
Fitur ini memungkinkan untuk penggunanya menyiarkan video siaran langsung dari perangkat seluler atau komputer.
Pendapatan dari siaran langsung ini menggunakan bintang yang diberikan oleh pemirsa. Bedanya siaran langsung ini lebih alami dan terasa lebih akrab dengan audiens pengguna, karena video tidak banyak dipoles.
Syarat untuk menggunakan fitur ini ialah melalui halaman, atau profil profesional yang bisa dilakukan langsung ke grup atau acara melalui aplikasi Facebook.
Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari.