Tangkapan Layar Fitur WhatsApp Flows di WhatsApp Bisnis. (WhatsApp)

TEKNO

WhatsApp Flows: Fitur Canggih di WhatsApp Bisnis untuk Membantu Usaha Semakin Berkembang

Minggu 08 Des 2024, 22:50 WIB

POSKOTA.CO.ID - WhatsApp memperkenalkan sebuah fitur bernama ‘Flows’ yang bisa digunakan di WhatsApp Bisnis.

Kehadiran fitur ini untuk membantu pemilik merek di WhatsApp Bisnis yang memungkinkan menciptakan pengalaman khusus dan secara langsung di kotak obrolan tanpa perlu mengunjungi situs web eksternal atau mengunduh sebuah aplikasi.

“Sudah 50 tahun sejak sistem obrolan online multi-pengguna pertama ‘Talkomatic’, yang dikembangkan di Universitas Illinois, jauh sebelum GIF, obrolan video bahkan emoji,” bunyi keterangan WhatsApp Bisnis.

“Dan ketika pengguna menikmati rangkaian perpesanan yang semakin kaya dan dinamis dengan teman dan keluarga, mereka juga sering mengharapkan tingkat interaksi yang sama dengan merek kesukaan mereka,” sambungnya.

Fungsi Fitur Flows WhatsApp Bisnis

Dengan WhatsApp Flows yang bisa diakses oleh pengguna Android maupun iPhone, pemilik merek akan dapat membuka lebih banyak fleksibilitas dan fungsionalitas di platform dibandingkan sebelumnya, seperti menghilangkan banyak hambatan sekaligus memenuhi kebutuhan pelanggan secara efisien.

Jika sebelumnya percakapan bisnis dengan pelanggan harus melalui sejumlah rangkaian pesan yang berbelit-belit dan harus mengarahkan pelanggan ke web eksternal untuk melakukan pembelian.

Menggunakan fitur Flows, hal tersebut dapat dipersonalisasi dan disesuaikan sehingga pelanggan tak perlu memikirkan hal teknis yang berat, seperti mengakses web eksternal.

Flows dapat menyediakan sejumlah aplikasi praktis untuk bisnis dan ada beberapa cara untuk pemilik bisnis atau merek  dapat meningkatkan pengalaman pelanggan, seperti:

Kita semua menerima pesan dari merek yang menawarkan diskon 10% untuk “mendaftar” sekarang. Namun dengan Flows, pesan-pesan ini lebih dari sekadar teks, memberikan pengalaman yang interaktif dan lancar bagi pengguna Anda.

Pelanggan dapat melihat promosi, meninjau detailnya, dan “mendaftar”, semuanya di layar yang sama. Tidak perlu mengingat kode promo, menekan link konfirmasi, atau berpindah aplikasi.

Dengan formulir Flows yang sederhana dan cepat, pelanggan dapat mengisi informasi mereka, menerima nomor kasus, serta balasan cepat dari bisnis Anda, semuanya dalam percakapan yang sama.

Formulir ini juga bisa menjadi cara yang bagus untuk melakukan survei dengan segmen pelanggan Anda.

Saat ini, semuanya serba digital dan dapat dilakukan tanpa hambatan seperti sebelumnya.

Dengan Flows, pengguna bisa langsung menerima formulir pemesanan langsung dari WhatsApp untuk melakukan reservasi. Tidak perlu lagi menunggu cukup klik, konfirmasi, dan berangkat.

Pelanggan juga dapat menggunakan modul “Dapatkan Penawaran” untuk menjawab beberapa pertanyaan dan menerima harga yang dipersonalisasi secara real-time berdasarkan kebutuhan pembelian mereka.

Di sinilah Flows bisa bersinar. Saat terintegrasi dengan chatbot, fitur Flows dapat memberdayakan sistem untuk merespons pertanyaan umum pelanggan dengan cepat, baik umum maupun spesifik.

Di dunia digital ini, sifat komunikasi selalu berubah dan merek yang sukses harus selalu siap menghadapi perubahan ekspektasi konsumen berikutnya.

Dengan, WhatsApp Flows memberi merek sejumlah alat canggih untuk meningkatkan pengalaman pelanggan di berbagai industri dan kasus penggunaan.

Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari.

Tags:
whatsapp bisnisfitur flows whatsapp bisniswhatsapp

Muhammad Dzikrillah Tauzirie

Reporter

Muhammad Dzikrillah Tauzirie

Editor