Ketika seseorang menjawab telepon, rekaman suara yang sudah disiapkan dimulai untuk meminta korbannya memasukkan nomor rekening bank, kartu kredit, atau debit dan PIN.
Siasat Pelaku Vishing Menipu Targetnya
Adapun siasat yang sering dilakukan untuk menipu korbannya, di antaranya:
-
Voice over Internet Protocol (VoIP)
Teknologi ini memfasilitasi pelaku vishing, karena memungkinkan untuk memalsukan identitas penelepon dengan mudah, menggunakan sistem panggilan otomatis, dan memanfaatkan manipulasi suara bertenaga AI.
Selama memiliki koneksi internet, para pelaku dapat melancarkan aksinya. Kombinasi teknologi ini memudahkan penipu untuk menargetkan banyak korban.
-
Pemalsuan Identitas Telepon
Cara ini dilakukan untuk memanipulasi identitas penelepon yang muncul di ponsel pengguna, seolah-olah berasal dari sumber tepercaya.
Pelaku menggunakan perangkat lunak khusus atau layanan VoIP guna mengubah nomor, sehingga dapat meniru nomor seperti bank atau lembaga pemerintah.
-
Rekayasa Sosial
Dalam panggilan langsung, penipu menggunakan teknik rekayasa sosial untuk membangun kepercayaan dan memanipulasi targetnya agar dapat dengan mudah membocorkan informasi pribadi.
Mereka mungkin berpura-pura sebagai perwakilan layanan pelanggan, agen dukungan teknis, atau pejabat dari lembaga keuangan untuk meyakinkan Anda agar menyerahkan informasi pribadi.
-
Teknologi Manipulasi Suara
Alat manipulasi suara canggih yang didukung AI dapat meniru suara orang yang dikenal atau menciptakan suara sintetis yang meyakinkan, sehingga menambah kredibilitas panggilan.
-
Urgensi dan Ancaman
Para penipu acap kali memainkan emosi targetnya dengan memberikan rasa panik atas dasar kedaruratan atau urgensi seperti penutupan akun bank yang dapat menimbulkan kerugian korbannya.
Tujuan memberikan rasa panik adan ancaman seperti penutupan akun bank tersebut ini agar targetnya melakukan tindakan sesuai yang diinginkan si penipu.
Cara Melindungi Diri dari Serangan Vishing
- Bersikaplah skeptis terhadap penelepon asing dan jangan biarkan mereka berlaku sesuai yang diinginkan
- Jangan bagikan informasi data pribadi, kata sandi dan lain sebagainya kepada penelepon
- Akhiri panggilan jika bukan dari sumber yang tepercaya
- Laporkan aktivitas telepon mencurigakan tersebut ke pihak berwajib atau otoritas terkait
Itulah informasi terkait aktivitas penipuan melalui telepon atau vishing yang harus diwaspadai.