Status gagal transfer dialami KPM peralihan PT Pos Indonesia dengan NIK KTP terdaftar sebagai penerima bansos BPNT. (Istimewa/Neni Nuraeni)

EKONOMI

KPM Peralihan PT Pos Indonesia dengan NIK KTP Terdaftar sebagai Penerima Bansos BPNT Alami Status Gagal Transfer, Begini Informasinya

Sabtu 16 Nov 2024, 22:10 WIB

POSKOTA.CO.ID – Banyak Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) yang masih menghadapi masalah terkait pencairan saldo dana bantuan. 

Salah satu kendala yang sering ditemui ketika memeriksa bantuan yaitu status gagal transfer.

Masalah ini sering terjadi pada KPM yang bantuan sosialnya disalurkan melalui PT Pos Indonesia.

Tak hanya itu, ada pula keluhan dari penerima manfaat yang belum menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), kendati data mereka sudah terdaftar dalam sistem.

Penyebab Status BPNT Bisa Gagal Transfer dan KKS Belum Diterima

Dilansir dari kanal YouTube Pendamping Sosial, Sabtu, 16 November 2024, status gagal transfer pada pengecekan bantuan BPNT bisa terjadi meskipun data penerima bantuan sudah terdaftar dengan status aman dan sudah padan dalam SIKS-NG (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation). 

Berikut ini, ada sejumlah faktor yang menyebabkan status gagal ini muncul. Antara lain

1. Data Tidak Padat atau Tidak Sesuai 

Salah satu penyebab utama status gagal transfer adalah adanya ketidaksesuaian atau ketidakpadanan data. 

Jika data penerima tidak cocok atau belum terverifikasi dengan benar, bantuan sosial tidak bisa dicairkan. 

Proses verifikasi dan pembaruan data oleh Kemensos bisa memakan waktu, terutama jika ada perubahan informasi terkait KPM yang baru terdaftar atau perbaikan data sebelumnya.

2. Proses Finalisasi Distribusi KKS  

KPM yang baru terdaftar atau yang mengalami perubahan data akan melalui proses finalisasi distribusi KKS. 

Hal ini berarti KKS mereka masih dalam proses pengiriman atau pembaruan. 

Kartu tersebut penting untuk mempermudah penerimaan bantuan, tetapi kadang-kadang KPM baru menerima KKS setelah beberapa waktu.

Untuk itu, KPM yang mengalami kendala ini diharapkan untuk bersabar sementara waktu. 

Kemensos sedang melakukan pemutakhiran dan verifikasi data secara menyeluruh untuk memastikan bahwa bantuan sosial tepat sasaran dan diterima oleh mereka yang berhak.

Solusi Jika Anda Mengalami Gagal Transfer dan Belum terima KKS

Jika Anda penerima manfaat yang menghadapi masalah terkait gagal transfer atau belum menerima KKS, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan. Diantaranya:

1. Periksa Status Bantuan Secara Berkala 

KPM disarankan untuk terus memantau status bantuan mereka dengan mengecek secara berkala melalui situs resmi Kemensos atau aplikasi Cek Bansos. 

Hal ini penting untuk mengetahui apakah status Anda masih gagal transfer atau sudah berhasil.

2. Konsultasi dengan Pendamping Sosial Setempat

Jika masalah berlanjut, Anda bisa berkonsultasi dengan pendamping sosial yang ada di wilayah Anda. 

Pendamping sosial akan membantu memastikan apakah ada kesalahan dalam data atau jika ada langkah-langkah tambahan yang perlu diambil.

3. Verifikasi Data Diri  

Pastikan bahwa data diri yang terdaftar di sistem Kemensos, seperti nama dan Nomor Induk Kependudukan (NIK), sudah benar dan sesuai dengan identitas yang ada di Kartu Tanda Penduduk (KTP). 

Kesalahan kecil dalam penulisan nama atau NIK bisa menyebabkan masalah pada proses pencairan bantuan.

Penyebab Lain KPM Belum Terima Bansos

Selain masalah gagal transfer, banyak KPM yang menerima bantuan melalui PT Pos juga melaporkan bahwa mereka belum menerima bantuan meskipun dana telah disiapkan oleh pemerintah. 

Proses pencairan melalui PT Pos memang sering memerlukan waktu lebih lama dibandingkan dengan metode penyaluran melalui bank.

Beberapa faktor yang mempengaruhi keterlambatan ini antara lain:

1. Penyesuaian Data  

Jika ada perubahan data penerima atau pembaruan data yang baru, PT Pos perlu waktu untuk melakukan penyesuaian tersebut sebelum bantuan dapat disalurkan.

  
2. Distribusi Fisik KKS  

Bagi KPM yang baru terdaftar atau mengalami perubahan data, distribusi fisik KKS perlu dilakukan. Proses ini bisa memakan waktu beberapa minggu tergantung pada lokasi dan kondisi tertentu.

KPM yang belum menerima bantuan diharapkan untuk memeriksa statusnya secara rutin di situs resmi Kemensis untuk mengetahui apakah mereka masih berhak menerima bantuan atau jika ada masalah dengan data mereka.

Cara Cek Status Bansos BPNT

Untuk memeriksa apakah Anda terdaftar sebagai penerima Bansos BPNT, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Kunjungi Situs Cek Bansos 

Buka situs resmi milik Kemensos di  cekbansos.kemensos.go.id.
   
2. Masukkan Data Wilayah

Pilih provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan tempat Anda tinggal.

3. Isi Nama Sesuai KTP 

Ketikkan nama lengkap sesuai dengan yang tertera KTP.

4. Klik Cari Data

Tekan tombol Cari Data untuk mulai mencari informasi status bantuan Anda.

5. Periksa Status Bantuan 

Jika Anda terdaftar, status bantuan akan muncul di layar, termasuk apakah bantuan Anda sedang dalam proses atau sudah diterima.

Demikianlah informasi mengenai penyebab mengapa penerima manfaat BPNT gagal transfer dan tidak menerima KKS.

DISCLAIMER: Artikel ini dibuat berdasarkan penjelasan yang didapay dari kanal YouTube Pendamping Sosial. Penyebab pasti status gagal transfer hanya diketahui oleh pemerintah dan bisa berbeda-beda tergantung pada kasus masing-masing KPM.

Dapatkan informasi terbaru mengenai bantuan sosial dan berbagai berita menarik lainnya di Google News atau ikuti WhatsApp Channel Poskota untuk update harian yang terpercaya.

Tags:
bansosBantuan sosialsaldo dana bansosBantuan Pangan Non Tunaicek bansos kemensos

Neni Nuraeni

Reporter

Neni Nuraeni

Editor