POSKOTA.CO.ID - Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang belum terima saldo dana bansos dari program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) sejak Juli 2024, lakukan hal ini.
Kementerian Sosial (Kemensos) mengeluarkan surat edaran pada awal November 2024 mengenai langkah perbaikan data KPM yang belum menerima bansos BPNT maupun BPNT.
Keterlambatan bansos ini dikarenakan proses peralihan pencairan bansos yang tadinya melalui Kantor Pos menjadi lewat Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
Proses peralihan yang memakan waktu cukup lama mengakibatkan sebagian besar KPM belum menerima bansos hingga saat ini.
Diketahui dalam sistem data bansos sedang dilakukan proses pembukaan rekening kolektif (burekol).
Namun, terdapat ketidakpadana data KPM dengan data di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).
KPM beserta pendamping sosial yang bertugas diarahkan untuk segera memperbaiki data di kantor Dukcapil setempat.
Apabila Anda mendapatkan surat pemberitahuan mengenai perbaikan data, segera siapkan berkas yang terlampir dalam surat dan perbaiki sesuai jadwal yang telah ditentukan.
Dengan perbaikan ini diharapkan KPM dapat segera mendapat saldo dana bantuan bersamaan dengan KPM lain pada periode pencairan November Desember dengan nominal pencairan hingga Rp1.200.000.
Setelah burekol pada sistem selesai, KPM bisa mengambil Kartu KKS berwarna merah putih yang dikeluarkan oleh bank himbara (Mandiri, BNI, BRI dan BTN).
Bagi pembaca penerima bansos PKH BPNT periksa selalu status pencairan Anda secara bertahap melalui aplikasi atau situs cek bansos Kemensos.
Dengan rutin menmeriksa, KPM bisa mengetahui bansos apa saja yang cair dalam periode pencairan yang akan dilaksanakan.
Dapatkan berita serta informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari.