POSKOTA.CO.ID - Per tanggal 10 September 2024, kabar baik datang untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM).
Ada laporan terbaru mengenai pencairan bantuan di beberapa bank Himbara seperti BRI, BNI, dan Mandiri.
Beberapa KPM telah melaporkan bukti struk pencairan dana bantuan sosial Program keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang terjadi pada waktu bersamaan.
Banyak KPM telah melaporkan bahwa pada 10 September ini, pencairan dana bantuan sebesar Rp400.000 telah dilakukan melalui KKS di beberapa bank, seperti Bank Mandiri dan BNI. Bantuan ini mencakup alokasi bantuan PKH dan BPNT yang sebelumnya belum cair.
Untuk mengecek apakah bantuan sudah masuk, KPM bisa melakukan langkah-langkah berikut:
- Cek melalui Mobile Banking: Bagi yang menggunakan aplikasi mobile banking bank terkait, seperti BNI atau Mandiri, saldo bisa langsung dicek di aplikasi.
- Cek ATM: Bagi yang belum memiliki mobile banking, bisa juga melakukan pengecekan langsung di ATM.
Kabar Terbaru Bantuan PKH dan BPNT
KPM yang berhak menerima bantuan dari program PKH atau BPNT kali ini dapat memperoleh pencairan sebesar Rp400.000.
Ini adalah hasil pencairan untuk periode bulan Juli dan Agustus yang masih berstatus tertunda bagi sebagian KPM.
Laporan dari KPM di berbagai daerah menunjukkan pencairan serentak dari bank-bank Himbara, seperti:
- Bank BRI
- Bank Mandiri
- Bank BNI
Tentu saja, bagi yang belum mendapatkan bantuan pada periode sebelumnya, ada kemungkinan bantuan tersebut cair dalam waktu dekat.
Perkiraan Jadwal Pencairan Berikutnya
Bagi penerima bantuan PKH dan BPNT yang belum menerima bantuan, pencairan berikutnya diperkirakan terjadi pada pertengahan atau akhir bulan September.
Untuk pencairan yang dilakukan oleh PT Pos, KPM diharapkan tetap tenang karena bantuan ini masih dalam proses distribusi.
Berikut ini adalah rincian jadwal pencairan bantuan yang mungkin terjadi:
- Pencairan PKH/BPNT Juli-Agustus: Diperkirakan akan rampung pada pertengahan September.
- Bantuan periode September-Oktober: Mulai disalurkan pada Oktober mendatang.
Ada kemungkinan bantuan yang biasanya disalurkan melalui PT Pos akan dialihkan ke bank Himbara, tergantung kebijakan dari Dinas Sosial setempat.
Jadi, KPM yang belum menerima bantuan bisa segera mengecek status di sistem terkait agar tidak ketinggalan informasi.
Cara Cek dan Mengklaim Bansos
Untuk memudahkan proses pengecekan bantuan, KPM bisa mengikuti langkah-langkah berikut:
- Cek di Mobile Banking atau ATM: Jika saldo sudah masuk, segera lakukan pengecekan.
- Hubungi Bank Terkait: Jika ada masalah dalam pencairan, segera hubungi customer service bank atau datang ke kantor cabang terdekat.
- Update Informasi di Grup Sosial: Selalu cek grup Facebook atau grup WhatsApp yang memberikan update mengenai bantuan PKH dan BPNT.
Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari.