ADVERTISEMENT

Fernando Alonso Dapat Penalti Berpotensi Membahayakan RIvalnya di F1 GP Australia

Kamis, 28 Maret 2024 13:00 WIB

Share
Fernando Alonso Dapat Penalti Berpotensi Membahayakan RIvalnya di F1 GP Australia (Foto: Pinterest)
Fernando Alonso Dapat Penalti Berpotensi Membahayakan RIvalnya di F1 GP Australia (Foto: Pinterest)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dikutip dari laman motorsport.com. Fernando Alonso dapat penalti karena mengubah gaya mengemudinya selama balapan F1 GP Australia namun bebas dari tuduhan sengaja mencoba membuat George Russell crash.

Pembalap Mercedes, Russell, tersingkir dari posisi ketujuh saat dua lap menjelang chequered flag di Melbourne ketika mengejar pembalap veteran Aston Martin. 

Ia kehilangan as roda belakangnya di Tikungan 6 saat meluncur di atas gravel, dan menabrak dinding Tikungan 7 sebelum terpental kembali ke tengah sirkuit.

 



Hal ini membuat balapan 58 lap berakhir di bawah kondisi safety car virtual saat Carlos Sainz memimpin Charles Leclerc yang membawa Ferrari finis 1-2, dalam balapan yang membuat Max Verstappen retired karena mengalami kerusakan pada rem belakang kanan.

Mercedes yakin Alonso menginjak pedal gas, mengerem dan menurunkan gigi secara berbeda dibandingkan dengan putaran sebelumnya. 

Hal ini memungkinkan Russell untuk menutup lebih cepat dari yang diharapkan, mungkin menyebabkan pembalap Inggris itu kehilangan kendali di belakang Aston Martin.

 


Setelah melalui proses dengar pendapat yang panjang dengan para pengurus FIA, telah ditetapkan bahwa Alonso mengubah gaya mengemudinya dengan cara yang luar biasa untuk memenuhi Pasal 33.4 dari peraturan olahraga.

Pasal tersebut berbunyi: "Mobil tidak boleh dikemudikan dengan lambat, tidak menentu, atau dengan cara yang dapat dianggap berpotensi membahayakan pembalap lain atau orang lain."

Oleh karena itu, Alonso mendapatkan penalti drive-through, namun hal ini diubah menjadi penalti stop and go selama 20 detik - membuatnya turun dari P6 ke P8, di belakang rekan setimnya, Lance Stroll dan Yuki Tsunoda. Ia juga kehilangan rekor bersih dalam catatan FIA akibat penambahan tiga poin penalti.

 



Juara F1 dua kali itu menjelaskan bahwa ia melakukan pendekatan yang berbeda di tikungan tersebut dengan mengangkat gas lebih awal dan mengurangi kecepatan, namun hal ini dilakukannya untuk mendapatkan jalan keluar yang lebih baik. 

Russell membalas bahwa langkah tersebut "tidak menentu", ia pun lengah dan jarak yang terlalu dekat membuatnya kehilangan tenaga di puncak tikungan.

 


Keputusan stewards berbunyi: "Telemetri menunjukkan bahwa Alonso mengangkat sedikit lebih dari 100 meter lebih awal daripada yang pernah ia lakukan saat memasuki tikungan tersebut selama balapan.

“Ia juga mengerem sedikit pada titik yang biasanya tidak mengerem (meskipun jumlah pengereman sangat sedikit sehingga tidak menjadi penyebab utama mobilnya melambat) dan ia menurunkan gigi pada titik yang biasanya tidak pernah ia turunkan. 

Ia kemudian menaikkan gigi lagi dan berakselerasi menuju tikungan sebelum kembali menaikkan gigi untuk melibas tikungan.

"Alonso menjelaskan bahwa meskipun rencananya adalah untuk melambat lebih awal, ia sedikit salah dan harus mengambil langkah ekstra untuk kembali ke kecepatan. 

 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Herdyan Anugrah Triguna
Editor: Herdyan Anugrah Triguna
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT