ADVERTISEMENT

Sumatra Masuki Musim Panen, Harga Beras Diperkirakan Mulai Turun

Senin, 11 Maret 2024 19:31 WIB

Share
Ilustrasi beras. (Poskota.co.id/Ahmad Tri Hawaari)
Ilustrasi beras. (Poskota.co.id/Ahmad Tri Hawaari)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Harga beras di berbagai wilayah Sumtra yang sebelumnya sempat naik, kini dikabarkan sudah mengalami penurunan. Tren penurunan harga ini ditenggarai karena sentra-sentra produksi di Sumatra sudah memasuki musim panen. 

Sebut saja, Palembang di Sumatra Selatan. Pada awal 2024 lalu, masyarakat khususnya Sumatera Selatan disambut kenaikan harga beras mencapai Rp15.500 per kilogram.

Namun memasuki panen raya pada Maret 2024, harga beras berangsur menurun hingga Rp2.000 per kilogram. 

“Saat ini memasuki bulan Maret 2024, khususnya Sumatera Selatan sedang memasuki panen raya sehingga harga beras mulai berangsur menurun,” jelas pemiliki Distributor Beras Jaya, Jonan Winarta, pada keterangan pers.

Jonan bahkan menyebutkan, karena sentra-sentra produksi Sumtra Selatan sedang panen raya, saat ini pihaknya banyak mengirim ke luar wilayah. 

“Kami juga banyak mengirim ke Jambi, Pekanbaru, dan Lampung. Jadi saat ini harga beras sudah mulai turun Rp2.000 per kilogram untuk kemasan yang 5 Kilogram,” ungkap Jonan.

Dengan panen yang saat ini mulai berlangsung, Jonan meyakini stok untuk wilayah Sumatra Selatan sendiri masih aman terkendali hingga Juni 2024.

“Jadi tak perlu khawatir memasuki bulan Ramadhan stok beras masih tercukupi dan melimpah,” tuturnya.

Musim panen juga turut berdampak pada penurunan harga di Kabupaten Pelalawan, Riau. Setelah sebelumnya sempat menyentuh angka Rp16 ribu per kilogram, sudah mulai terjadi penurunan harga beras sejak satu minggu terakhir dengan rata-rata sekitar Rp500 per kilogram. 

Pemilik Agen Beras UD BERKAT di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Kasmawati menjelaskan harga beras di tokonya, Beras Topi Koki kemasan 20 kg seharga Rp284 ribu yang sebelumnya Rp294 ribu. Sementara kemasan 10 kg seharga Rp144 ribu yang sebelumnya Rp149 ribu.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rizal Siregar
Editor: Febrian Hafizh Muchtamar
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT