ADVERTISEMENT

Pernyataan Lengkap PP Muhammadiyah soal Pemilu 2024

Rabu, 14 Februari 2024 21:55 WIB

Share
Logo Muhammadiyah
Logo Muhammadiyah

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menyatakan pandangan mereka mengenai pelaksanaan Pemilu 2024.

"Pimpinan Pusat Muhammadiyah menekankan pentingnya menjaga situasi kondusif dan sikap saling menghormati antar sesama di dalam proses Pemilu. Berikut adalah poin-poin utama dari pernyataan pers tersebut," kata PP Muhammadiyah dalam keterangannya, Rabu (14/2).

Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengapresiasi partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya secara penuh tanggung jawab dan tertib di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Hal ini menunjukkan kesadaran dan rasa tanggung jawab yang tinggi dari masyarakat dalam menjaga jalannya Pemilu secara aman dan tertib," tulis surat itu.

"Kedua, Pimpinan Pusat Muhammadiyah juga menghargai kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan seluruh penyelenggara Pemilu dari tingkat pusat sampai tingkat TPS, para aparat keamanan, dan semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan Pemilu sehingga berlangsung dengan baik dan lancar mulai dari proses pemungutan hingga penghitungan suara," bebernya melanjutkan.

Ketiga, sambungnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengimbau semua pihak, khususnya parpol dan caleg serta para calonpres-cawapres beserta para pendukungnya, bersabar menunggu hasil akhir Pemilu 2024 akan disampaikan secara resmi oleh KPU. Semua pihak hendaknya tidak terburu-buru dalam mengambil kesimpulan hasil Pemilu berdasarkan perhitungan cepat yang dilakukan oleh lembaga survey.

Keempat, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menekankan pentingnya menjaga situasi yang kondusif dan tetap menjaga sikap saling menghormati dan tenggang rasa. Kepada pasangan capres-cawapres yang menang dan para pendukungnya, hendaknya tidak jumawa dan berlebihan dalam merayakan kemenangan. Sedangkan bagi yang kalah, hendaknya berjiwa besar dan legawa menerima hasil Pemilu.

Kelima, Pimpinan Pusat Muhammadiyah meminta kepada semua pihak yang berkeberatan dengan hasil Pemilu untuk menyelesaikan melalui jalur Mahkamah Konstitusi dan tidak menempuh cara-cara pengerahan massa yang berpotensi memicu kekerasan dan konflik horizontal.

Dalam akhir pernyataan, Pimpinan Pusat Muhammadiyah berharap semoga Allah SWT memberikan rahmat dan pertolongan kepada bangsa Indonesia sehingga tetap bersatu, berdaulat, dan maju. 

"Semoga pernyataan pers ini dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga situasi kondusif menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 di Indonesia. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh," demikian pernyataan itu.(Rizal Siregar)

ADVERTISEMENT

Reporter: Rizal Siregar
Editor: Febrian Hafizh Muchtamar
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT