ADVERTISEMENT

18 Ribu Kendaraan Masuki Jalur Puncak Bogor, Polisi Terapkan One Way

Kamis, 8 Februari 2024 11:45 WIB

Share
Situasi lalu lintas di kawasan Puncak Bogor (Panca Aji)
Situasi lalu lintas di kawasan Puncak Bogor (Panca Aji)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Belasan ribu kendaraan masuki kawasan wisata Puncak Bogor pada peringatan Isra mi'raj Nabi Muhammad SAW. Guna mengurai antrean, polisi terapkan sejumlah rekayasa lalu lintas.

Pada hari peringatan Isra mi'raj Nabi Muhammad SAW ini, Satlantas Polres Bogor menerapkan dua rekayasa lalu lintas, diantaranya ganjil-genap (gage) dan juga one way.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Rizky Guntama menyebut, tercatat sejak pukul 09.00 WIB tadi, sedikitnya ada 18.000 kendaraan roda empat yang memasuki kawasan wisata Puncak, sehingga pihaknya pun mengambil langkah rekayasa one way.

"Terlihat antrean panjang, tapi setelah kita lakukan one way arah Jakarta menuju puncak, sampai sekarang sudah tersedot untuk antrean sudah mulai berkurang," kata Rizky di Pospol simpang Gadog, Kabupaten Bogor, Kamis (8/2/2024).

Rizky menerangkan, langkah one way ini diambil setelah melihat indikasi lalu lintas yang mulai memadati jalur wisata Puncak Bogor.

"Indikator kami ada sendiri, bilamana ekor sudah mencapai Jagorawi dari arah Jakarta, itu menjadi salah satu indikator kami. Tetapi untuk angka diprediksi sekitar 18.000 sudah memasuki arah puncak kita laksanakan rekayasa one way," terangnya.

Pada hari ini, kata Rizky, kepadatan di jalur wisata Puncak Bogor sudah terlihat sejak pukul 07.00 WIB.

"Tadi pagi sudah dilaksanakan gage dari pukul 06.00-09.00 WIB,  kita laksanakan rekayasa one way menuju puncak dari arah Jakarta, karena melihat dan menimbang lalu lintas tadi pagi cukup ramai," tuturnya.

Adapun jam pelaksanaan rekayasa one way ini, tambah Rizky, dilakukan secara tentatif, melihat dinamika kepadatan lalu lintas.

"Tetapi setelah pelaksanaan one way arah atas akan dilaksanakan one way arah bawah, Dimana kami juga memprioritaskan penggunaan kendaraan dari arah Cianjur menuju Jakarta," paparnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Panca Aji
Editor: Fernando Toga
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT