ADVERTISEMENT

Kemenhub Komitmen Optimalisasi Konektivitas di Wilayah Sulawesi

Senin, 29 Januari 2024 09:26 WIB

Share
Penerbangan Angkutan Udara Perintis Tahun Anggaran 2024 di Wilayah Sulawes Korwil Masamba. (ist)
Penerbangan Angkutan Udara Perintis Tahun Anggaran 2024 di Wilayah Sulawes Korwil Masamba. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA,  POSKOTA.CO.ID –  Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara melanjutkan pelaksanaan penerbangan Angkutan Udara Perintis Tahun Anggaran 2024 di Wilayah Sulawesi.

Yaitu  dengan menetapkan Koordinator Wilayah (Korwil) Masamba, yang merupakan salah satu dari 22 Korwil yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah V Makassar, sebagai perwakilan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara membawahi  4 propinsi sebagai wilayah kerja yaitu Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah V Makassar, Asri Santosa menuturkan bahwa pihaknya akan terus mengawasi pelaksanaan program tersebut agar dapat berjalan sesuai ketentuan. 

“Kami mengawasi pelaksanaan angkutan udara perintis di wilayah Sulawesi, agar kehadiran dan dukungan pemerintah dapat dirasakan masyarakat khususnya di daerah 3TP sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya di Makassar, Minggu (28/1/2024).

Di Sulawesi sendiri, ada Korwil Masamba yang melayani angkutan udara perintis penumpang pada 6 rute penerbangan, yaitu Masamba - Rampi PP, Masamba - Seko PP, Palu - Seko PP, Palu - Ampana PP, Palu - Poso PP, Seko - Tana Toraja PP. Sedangkan, untuk Angkutan Udara Perintis Kargo, terdapat 2 rute penerbangan, yaitu Masamba - Rampi PP dan Masamba - Seko PP yang dilayani oleh Badan Usaha Angkutan Udara (BUAU) PT. ASI Pudjiastuti (Susi Air).

“Penerbangan perdana angkutan udara perintis di Korwil Masamba ini telah terlaksana di tujuh bandar udara tersebut,” ungkap Asri.

“Kami juga memiliki komitmen pada konektivitas di wilayah kerja kami, baik penerbangan reguler berjadwal, penerbangan perintis, maupun penerbangan subsidi melalui kerjasama dengan pemerintah daerah,” tambah Asri.

Ditempat terpisah, Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni mengatakan agar Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah V dapat terus meningkatkan pengawasan dan konektivitas dengan melakukan koordinasi bersama pemerintah daerah (pemda), sehingga dapat memberikan dukungan pada angkutan udara subsidi dari pemda setempat.

Tahun sebelumnya, terdapat penerbangan subsidi pemda yang melayani rute penerbangan Bone - Balikpapan,  Makassar - Selayar, Makassar - Bone, Makassar - Masamba, dan Masamba - Sorowako. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT