ADVERTISEMENT

Logistik Anies-Muhaimin Bakal Makin Kuat Usai Didukung JK, Begini Analisanya

Rabu, 20 Desember 2023 19:00 WIB

Share
Jusuf Kalla dukung penuh capres Anies Baswedan. Foto: Kolase/Ist.
Jusuf Kalla dukung penuh capres Anies Baswedan. Foto: Kolase/Ist.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Direktur eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah mengomentari dukungan Jusuf Kalla (JK) terhadap capres Anies Baswedan.

Menurut dia, JK sejak awal memang nampak sudah terlihat ada di pihak Anies.

"Sehingga deklarasi dukungan dari JK ini tidak mengagetkan. Lebih jauh lagi, JK diyakini memiliki pengaruh dalam memberikan dukungannya tersebut," kata Dedi saat diihubungi, Rabu (20/12/2023).

Ada sejumlah hal yang kemudian dipaparkan. Pertama, lanjut Dedi, dukungan JK dinilai bakal menambah elektabilitas Anies-Muhaimin, terutama di kawasan Timur.

"JK adalah salah satu tokoh penting di kawasan Timur Indonesia, di mana dia memiliki banyak jaringan dan dukungan," tegasnya.

Kedua, JK juga akan menambah kekuatan logistik dari jaringan pengusaha Bugis, yang diyakini dapat memberi kontribusi besar dalam kampanye Anies-Muhaimin.

Meski dukungan dari JK dianggap sebagai pengaruh yang baik bagi koalisi Anies-Muhaimin, kenyataannya presentasi Anies-Muhaimin di kawasan non Jawa kian menguat seiring dengan hadirnya JK.

Sebagian pihak sebenarnya sudah meyakini, bahwa JK tidak mungkin tidak berpihak pada Anies. JK sudah terbukti berhasil sebagai king maker pada beberapa pemilihan sebelumnya, termasuk saat mendukung Jokowi-BTP, Anies-Sandi.

"Ini menunjukkan bahwa JK memiliki kematangan strategis yang tinggi di dunia politik Indonesia," ucapnya.

Namun, Dedi Kurnia menekankan bahwa dukungan dari JK bukanlah jaminan kemenangan Anies, terutama jika tidak diimbangi dengan kampanye yang baik dan solid. Pada akhirnya, keputusan siapa yang akan memenangkan kontestasi Pilpres 2024, dinilai bakal ditentukan oleh suara rakyat itu sendiri.

ADVERTISEMENT

Reporter: Rizal Siregar
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT