ADVERTISEMENT

4 Juta WNI Tercatat Kerja di Luar Negeri, Diminta Tak Lupa Kirim Uang ke Keluarga di Kampung

Rabu, 15 November 2023 18:45 WIB

Share
Ada 4 juta WNI kerja di luar negeri. (Foto: Ist)
Ada 4 juta WNI kerja di luar negeri. (Foto: Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Basarah yang menangani Sosialisasi Empat Pilar, mengungkapkan bahwa saat ini ada lebih dari 4 juta warga Indonesia yang bekerja secara resmi di luar negeri.

Kepada mereka, Ahmad Basarah menitipkan pesan agar nilai-nilai nasionalisme dan Pancasila tetap dijaga meski ada di negeri orang.

Dia juga menyebut, tak masalah jika sebaliknya ada Warga Negara Asing (WNA) yang ikut bekerja di Indonesia. Selama dengan catatan, para WNA tersebut memenuhi semua prosedur yang ada.

"Jadi, tak masalah jika ada WNA yang bekerja di Indonesia, asalkan melalui prosedur yang benar. Tak aneh jika banyak warga Indonesia yang tidak setuju jika ada WNA yang bekerja di sini," kata Basarah setelah memberikan motivasi kepada 1000 calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) dalam program Pemerintah ke Pemerintah (G to G) Korea Selatan, di Gedung Smesco, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (15/11/2023).

Pada kesempatan tersebut, Basarah juga menyampaikan pentingnya nilai-nilai Pancasila bagi ribuan calon PMI.

Menurutnya, nasionalisme dan Pancasila sangat penting bagi calon PMI sebagai bekal selama berada di negara penempatan agar tidak terpengaruh ideologi asing.

"Sebelum kalian berangkat ke luar negeri, Pancasila harus diingat dan ditanamkan bahwa jiwa nasionalisme harus dijunjung tinggi, jadi di mana pun kita berada kita harus tetap menjadi Indonesia," kata Basarah yang disambut oleh ribuan PMI.

"Di luar negeri nanti, kalian bukan lagi orang Hindu, Budha, Katholik, atau Islam, tetapi kalian membawa identitas bangsa Indonesia," lanjutnya.

Selanjutnya, politikus PDI-Perjuangan tersebut mengatakan bahwa pemikiran asing seperti liberalisme dan fundamentalisme agama semakin banyak dipropagandakan melalui media sosial.

Oleh karena itu, kata Basarah, sosialisasi ideologi Pancasila perlu diperluas kepada seluruh generasi muda Indonesia yang menjadi calon pemimpin masa depan.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rizal Siregar
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT