ADVERTISEMENT

Yakin Dapat Maksimalkan Ponpes, Ganjar Pranowo Didukung Kiai dan Ulama di Sumsel hingga Sumbar

Sabtu, 28 Oktober 2023 11:27 WIB

Share
Foto: Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD saat mendaftarkan ke KPU. (Dok. Poskota)
Foto: Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD saat mendaftarkan ke KPU. (Dok. Poskota)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

LAMPUNG, POSKOTA.CO.ID - Pasangan calon (Paslon) Presiden dan Wakil Presiden Ganjar Pranowo - Mahfud MD diyakini oleh Kiai dan Ulama se-Sumatera Selatan (Sumsel) dan Sumatera Barat (Sumbar) dapat memaksimalkan peran Pondok Pesantren (Ponpes).

Hal ini diutarakan saat Calon Presiden Ganjar Pranowo menghadiri perayaan Haul Syaikh Abdul Qadir Al Jailani di Ponpes Roudlotussholihin, Kabupaten Lampung Tengah, pada hari Rabu, (25/10/2023) kemarin.

Kehadiran Ganjar pada acara tersebut menjadi kesempatan bagi para kiai dan masyayikh untuk menyampaikan aspirasi mereka kepada calon presiden yang berpotensi memimpin bangsa di masa depan.

"Alhamdulillah bersama-sama bisa ketemu langsung Pak Ganjar langsung menyampaikan berbagai aspirasi, termasuk undang-undang pesantren," ujar Kiai Imam Suhadi, Wakil Rais Syuriah Thoriqoh Muktabaroh Al Jamiyah sekaligus Pengasuh Ponpes Nurul Qodiri, Kabupaten Lampung Tengah dalam keterangannya diterima Sabtu (28/10/2023).

Imam Suhadi menyatakan, para ulama dan masyayikh di Sumsel dan Sumbar percaya Ganjar adalah sosok yang dapat meningkatkan peran pondok pesantren sebagai landasan pendidikan Islam di Indonesia.

"Kiai hingga masyayikh sepakat di Provinsi Lampung dan sebagian Provinsi Sumatera (Sumsel dan Sumbar) menitipkan beliau kita mengajar di Jawa Tengah kayaknya beliau sangat benar-benar perhatian dengan pondok-pondok pesantren," tuturnya.

Imam Suhadi menyebut, Ganjar telah menunjukkan perhatian besar terhadap ponpes, ulama, kiai, dan guru agama selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah dalam kurun waktu dua periode.

Salah satu program Ganjar yang mendapat pujian dari Kiai Imam adalah insentif untuk guru agama di Jawa Tengah.

Yang mana rogram ini telah meningkatkan kesejahteraan ratusan ribu guru ngaji informal melalui insentif sebesar Rp 1,2 juta per tahun.

Kiai Imam juga memuji sifat merakyat Ganjar dan berharap agar dia terpilih sebagai presiden pada pemilihan presiden mendatang. Menurutnya, Ganjar adalah sosok yang akrab dengan para kiai dan santri.

“Ganjar sangat merakyat, mampu duduk biasa dengan para kiai, dengan para santri, dan harapannya titipan ini benar-benar tercapai, beliau akan menjadi Presiden Indonesia yang kita cintai,” Pungkasnya

Di tempat yang sama, Capres Ganjar Pranowo menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan hangat dan aspirasi yang telah diberikan oleh para ulama, kiai, dan masyayikh di Ponpes Roudlotussholihin.

Ganjar menganggap para ulama sebagai penenang di tengah situasi yang penuh gejolak menjelang Pemilu 2024.

“Kita mampu mendinginkan hati dan mendinginkan pikiran agar bisa mencegah potensi-potensi yang tidak di inginkan dan itu diberikan dari para ulama” tutur Ganjar.

Selama kunjungannya ke Ponpes RoudlotusSholihin di Lampung Tengah, Ganjar disambut meriah oleh ratusan ribu ulama, kiai, santri, dan warga setempat yang mengikuti acara haul.

Mereka dengan antusias meminta salam dan berfoto bersama Ganjar saat dia tiba di kompleks ponpes.

Dukungan dari sejumlah Ponpes Sumsel, Sumbar, dan Lampung mencerminkan keinginan Ganjar untuk langsung dengan para pemangku kebijakan agama di berbagai daerah, serta memperkuat dukungannya di kalangan ulama dan kiai dalam persiapan jelang Pemilihan Presiden 2024. (Ril)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT