ADVERTISEMENT

PUPR Lelang Pembangunan Waduk Cibeet-Cijurey Senilai Rp8,9 Triliun, Pemkab Bogor Siap Support

Jumat, 22 September 2023 11:51 WIB

Share
Kunjungan Menteri Basuki ke Waduk Cibeet-Cijurey (Panca Aji)
Kunjungan Menteri Basuki ke Waduk Cibeet-Cijurey (Panca Aji)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Paket pengerjaan Waduk Cibeet dan Cijurey yang berlokasi di Kabupaten Bogor senilai Rp. 8,9 triliun dilelang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Melalui situs resmi Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) yang diakses Kamis (21/9) malam, KemenPUPR mengumumkan telah melakukan tender pekerjaan konstruksi dua waduk tersebut menggunakan APBN Tahun Anggaran 2023.

Masing-masing pekerjaan konstruksi waduk dibagi menjadi tiga paket. Yaitu, untuk Waduk Cibeet, Paket I dengan nilai pagu Rp. 2 triliun yang lelangnya dimenangkan oleh PT Nindya Karya.

w

Sedangkan untuk paket II dengan nilai pagu Rp.1,8 triliun, lelangnya dimenangkan oleh PT Pembangunan Perumahan. Terakhir, atau Paket III yang memiliki nilai pagu Rp. 1,8 triliun, lelangnya dimenangkan oleh PT Waskita Karya.

Kemudian, untuk Waduk Cijurey, Paket I dengan nilai pagu Rp1,3 triliun lelangnya dimenangkan oleh PT Brantas Abipraya, Paket II dengan nilai pagu Rp1,1 triliun dimenangkan PT Hutama Karya, dan Paket III dengan nilai pagu Rp1,2 triliun dimenangkan PT Wijaya Karya.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin menyebutkan, selama proses lelang berjalan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor siap membantu KemenPUPR dalam proses penyiapan lahan.

Dua waduk ini rencananya akan dibangun di tiga kecamatan wilayah timur, Kabupaten Bogor, yaitu Kecamatan Sukamakmur, Tanjungsari, dan Kecamatan Cariu.

"Kita sifatnya supporting, mudah-mudahan itu (pembebasan lahan) bisa lebih cepat," kata Burhan. 

Waduk Cibeet akan dibangun di atas lahan seluas 1.700,26 hektare di delapan desa yang ada di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Tanjungsari dan Kecamatan Cariu.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Panca Aji
Editor: Fernando Toga
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT