ADVERTISEMENT

Motocompacto Resmi Rilis Sebagai Inovasi Terbaru Honda Dalam Memproduksi Motor Listrik

Selasa, 19 September 2023 12:35 WIB

Share
Sepeda motor compact Honda Motocompacto (lst)
Sepeda motor compact Honda Motocompacto (lst)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dalam upayanya untuk menghidupkan kembali semangat konsep ikonik masa lalu, Honda meluncurkan inovasi terbarunya lewat perilisan Motocompacto.

Motocompo sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 1980an dan hanya diproduksi selama dua tahun sebelum gagal memenuhi ekspektasi penjualan. Meski begitu, gagasan sepeda motor kompak dan dapat dilipat yang dirancang untuk perjalanan optimal ini tetap menarik perhatian para penggemar otomotif. Honda kini telah memperkenalkan 'Motocompacto' yang disebut-sebut sebagai sebuah kebangkitan modern dari konsep tersebut.

Tahun lalu, Honda mengumumkan rencananya untuk menawarkan model Motocompacto listrik dan kini model tersebut telah resmi diperkenalkan ke pasar. Kendaraan listrik kompak ini akan tersedia di dealer Honda di seluruh dunia mulai bulan November mendatang.

Meskipun Motocompacto tidak memiliki performa yang mengesankan atau masa pakai baterai yang lama, namun Motocompacto berfungsi sebagai salah satu solusi sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh.

Dengan jarak tempuh hanya 20 km dengan pengisian penuh dan kecepatan tertinggi 24 km/jam, Motocompacto diklasifikasikan dalam kategori yang sama dengan sepeda motor listrik stand-up, sehingga tidak diperlukan lisensi atau registrasi.

Desain Motocompacto mengingatkan pada sesuatu yang mungkin diproduksi Apple, kotak berbentuk tas kerja berwarna putih ramping yang dapat dengan cepat berubah menjadi kursi roda.

Stang dapat dilipat dari atas dan disesuaikan ketinggiannya. Sadel dengan cerdik disimpan di dalam kendaraan saat dilipat, dijepit kuat di bagian belakang. Selain itu, pijakan kaki dan dudukan samping dapat dilipat, dan roda belakang dapat digeser ke belakang untuk memanjangkan jarak sumbu roda.

Aspek kunci dari desain Motocompacto yakni sistem penggerak roda depannya, yang ditenagai oleh motor listrik yang dipasang di tengah. Bagian belakang kendaraan sepenuhnya bertanggung jawab untuk pengereman melalui drum yang dikendalikan kabel. Motor listrik satu ini dapat menghasilkan tenaga maksimal 490 W dan torsi 16 Nm.

Mengisi daya Motocompacto merupakan proses yang sederhana karena dapat diisi ulang dari stopkontak standar rumah tangga. Baterai 6,8 Ah terisi penuh hanya dalam waktu 3,5 jam dan pengisi daya dapat dengan mudah disimpan di dalam kendaraan, dapat diakses melalui port yang terletak tepat di bawah lampu depan kompak.

Aplikasi smartphone khusus juga dapat memberikan informasi penting kepada pengguna, seperti status baterai, perencanaan rute, dan pengaturan yang dapat disesuaikan.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT