ADVERTISEMENT

PKB Sentil Yenny Wahid Terkait Banyaknya Kiai NU dukung Prabowo

Kamis, 7 September 2023 20:30 WIB

Share
Pertemuan Yenny Wahid dengan Prabowo Subianto (ist)
Pertemuan Yenny Wahid dengan Prabowo Subianto (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ketua DPP PKB Cucun Syamsurijal mengimbau agar putri mendiang Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid tidak asal klaim terkait banyaknya kiai Nahdlatul Ulama (NU) yang bersimpati kepada ketua umum Gerindra Prabowo Subianto.

"Jangan sampai kita perang klaim-klaiman seperti itu. Bahwa di internal kita ini bagaimana teman-teman selama ini saling komunikasi, silaturahmi dengan dengan para kiai, nanti akan menentukannya," ujar Cucun dalam keterangannya yang diterima poskota.co.id, Kamis, (7/9/2023).

Ketua Fraksi PKB DPR itu menegaskan, saat ini figur NU yang ikut dalam kontestasi Pilpres 2024 adalah Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Sehingga, dia meyakini, aspirasi warga Nahdliyin akan dititipkan kepada kontestan bukan yang menjadi pendukung saja. 

"Begini, akan dipisah mana yang betul-betul bisa menjadi harapan di internal kami, para kiai, kaum santri, pesantren, semua, dititipkan kepada siapa, apakah hanya dititipkan hanya kepada seorang yang hanya sebagai pendukung, atau dititipkan kepada orang yang benar-benar nanti akan menjadi figur, menjadi pemimpinnya," jelas Cucun. 

"Yang ikut kontestannya kan Gus Muhaimin, kalau misalkan nanti ada lagi, misalkan siapa, ya ikut kontestasi pasti publik NU atau kaum Nahdliyin akan melihat siapa yang akan mendekati," tambahnya. 

Sebelumnya, Yenny Wahid menyebut ada banyak sekali kiai Nahdlatul Ulama (NU) yang bersimpati kepada Prabowo Subianto usai menggelar pertemuan tertutup di Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu, 6 September. 

"Banyak sekali kiai-kiai NU yang punya simpati besar terhadap Pak Prabowo," kata Yenny Wahid.   

Terkait arah dukungannya capres cawapres, Yenny Wahid mengakui, dirinya kemungkinan besar akan mendukung Prabowo Subianto. Yenny bilang, Prabowo berada di urutan teratas dalam daftar kandidat capres Pilpres 2024 yang hendak dia dukung. 

Namun, Yenny Wahid belum membuat keputusan final karena belum melakukan pertimbangan spiritual. Dia mengungkapkan, dari sisi perimbangan rasional memang pilihannya jatuh kepada Prabowo Subianto karena Menteri Pertahanan itu punya visi yang luar biasa terkait Indonesia ke depan.

"Bagi kami, Pak Prabowo ini top list, jadi prioritas paling utama (untuk didukung) karena ada kesamaan-kesamaan visi. Jadi, secara rasional mungkin kita sudah bisa punya kesamaan-kesamaan. Tinggal menapaki mekanisme spiritual dulu," kata Direktur Wahid Institute itu. (Wanto)
 

ADVERTISEMENT

Reporter: Wanto
Editor: Fernando Toga
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT